3 Desember 2022

UMKM KLU Study Banding ke Balai Kemasan

Yayasan Sheep Indonesia (YSI) merupakan Organisasi Non Pemerintah yang memiliki mandat pemberdayaan masyarakat di bidang Kesehatan, Pendidikan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perdamaian yang Berdiri sejak tahun 2018 berpusat di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Adapun Sekertaris Wilayah di Indonesia, salah satunya ada di Pulau Lombok tepatnya di KLU. Beberapa desa yang sudah menjadi mitra Yayasan sheep Indonesia seperti desa Kayangan, desa santong mulia, desa sesait, desa pansor, desa santong, desa saluk.

Ke enam desa tersebut akan terus difasilitasi oleh YSI sebagai pendorong kebangkitan perekonomian dan kemajuan IKM. Agar terwujudnya hal demikian, Yayasan Sheep Indonesia memfasilitasi mitranya untuk belajar edukasi tentang kemasan dan proses pengemasan.

Dalam hal ini , Kepala Balai Kemasan Aryanti Dwiyani, M Pd bersama Kasubbag TU, Hj. Airlina Maya Sugiartini, SE., Kasi Pelatihan dan Promosi Heldy Sardianto, ST.,M.M.Inov., dan Kasi Teknis Kemasan Firmansyah, ST., menerima langsung 30 IKM binaan Yayasan Sheep Indonesia dalam rangka study banding terkait pengemasan, bertempat di Aula pertemuan Balai Kemasan. ( Kamis, 8 September 2022 )

Kabalai kemasan menjelaskan bahwa kemasan memiliki kebermanfaatan yang sangat penting. Di Balai Kemasan terdapat berbagai macam mesin operasional cetak kemasan dan juga Rumah Produksi Gemilang yang nantinya akan beroperasi dan bisa dimanfaatkan oleh IKM-IKM NTB untuk produk yang akan dikemas secara steril/higienis. Peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat proses cetak kemasan di rumah kemasan.

Sulistyo selaku Koordinator Lapangan Yayasan Sheep Indonesia mengucapkan “Terimakasih atas sambutan dari UPTD Balai Kemasan Dinas Perindustrian Prov. PNTB dan fasilitasnya kepada pelaku IKM kami”.

“Berdasarkan temuan riset kami pada salah satu IKM yang mana permasalahannya ada di kemasan, sehinga kami memfasilitasi untuk study banding ke UPTD Balai Kemasan ini” kata Mas Sulis sapaan akrabnya.

“Harapan kami kedepannya semoga dengan kunjungan dan kerjasama ini dapat terwujud apa yang diinginkan oleh IKM-IKM kita baik dari sisi pengemasannya,labelnya dan legalitasnya” jelasnya.

Diakhir kunjungan, Kabalai mengajak peserta rombongan untuk melihat hasil produk-produk IKM NTB yang ada di NTBMall dengan tujuan agar dapat menjadi referensi kemasan bagi masing-masing IKM.