3 Desember 2022

Dinas Perindustrian NTB mengadakan silaturrahim dan Expose Industrialisasi bersama dengan BEM Universitas Mataram (2/9/2022) di Aula Halal Industrial Park. Pada kesempatan itu diperkenalkan produk Lokal yang dihasilkan oleh IKM IKM NTB, diantaranya ayam rarang, olahan shorgum, dan minyak kelapa.

Kepala Dinas Perindustrian NTB, diwakili Sekretaris Dinas, Dra. Sri Irianti mengatakan, ekspose industrialisasi merupakan salah satu cara Dinas Perindustrian NTB untuk menyebarkan virus industrialisasi kepada para mahasiswa dan bisa disampaikan lagi ke mahasiswa yang ada di NTB.

“Silahkan diperlihatkan, nanti kami beri saran untuk produknya. Kalau sudah bagus nanti difasilitasi perizinan.” tuturnya.

Selain memperkenalkan produk produk IKM, dalam forum ini, Dinas Perindustrian NTB memaparkan tugas dan fungsi Dinas Perindustrian, seperti Enam Industri Prioritas NTB 2021-2041 termasuk Perda NTB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi NTB (RPIP) 2021-2041.

“Keseriusan membangun Industrialisasi ini kami wujudkan dengan RPIP yang diturunkan menjadi RPIK,” jelas Irianti.

Menurutnya, beberapa upaya pengembangan produk Industri juga diciptakan dengan membangun kawasan ekonomi, salah satunya Kawasan Industri Halal atau Halal Industrial Park (HIP).

HIP merupakan sebuah area yang dikhususkan dan direncanakan untuk tujuan pengembangan Industri. Pemusatan kegiatan Industri pengolahan yang dilengkapi dengan prasarana, sarana dan fasilitas penunjang lainnya.

Sementara itu, Yudistira, Presiden BEM Unram mengapresiasi undangan Expose Industrialisasi dan produk produk yang dihasilkan oleh IKM NTB. Dia menyampaikan saran dan masukan Terkait pemerataan industrialisasi ke seluruh wilayah NTB salah satunya berkaitan dengan pertanian yang hari ini dilihat masih menjadi persoalan ditengah masyarakat NTB.

“Saran dan masukannya dengan melimpahnya hasil pertanian di NTB ini bisa menghasilkan produk hingga menguatkan ketahanan pangan local,” tutupnya.