3 Desember 2022

Sinergi IKM Aik Meneng dan UD. ALDA 212 Berhasil Membuat Tepung Pisang

IKM Aik Meneng berada di BKU (Batu Kliang Utara) yang menghimpun mayoritas petani dengan pisang melimpah ruah bersinergi dengan UD. ALDA 212 yang memproduksi tepung pisang. Hal ini berawal dari tantangan Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti., SE., ME kepada owner UD. ALDA 212 beberapa waktu lalu.

“Produk yg dihasilkan oleh ibu Hasanah kebanyakan berbahan dasar tepung beras. Saya tantang Ibu untuk membuat bahan bakunya sendiri dengan memanfaatkan bahan yang melimpah di NTB” ungkap Nuryanti saat itu.

Hasanah Wati owner UD. Alda212 juga  termasuk dalam IKM yang ikut berpartisipasi pada Expo Industri  Kegiatan Road show  & Talk show Industrialisasi Gubernur NTB yang dilaksanakan di Kantor Bupati Lombok Tengah pada tanggal 23 Agustus 2022 lalu.

Kepala Bidang Sarana, Prasarana & Pemberdayaan Industri, Baiq Yunita Puji Widiani, ST., M. Si,  beserta tim mengunjungi tempat produksi UD ALDA 212 (30/08/2022) sekaligus menindaklanjuti Kegiatan Road show Industrialisasi Gubernur NTB.

Saat beliau mengenalkan produk-produknya, beliau menceritakan bagaimana Tepung Pisang menjadi produk terbarunya.

“Saya berhasil menyelesaikan tantangan dari bu kadis dengan membuat bahan baku sendiri untuk produk sendiri” ungkapnya.

Produk lain yang dihasilkan oleh UD ALDA 212 antara lain, berbagai jenis kue kering, kue bolu, kripik pisang, Sambal Cumi, dan Sambal bawang.

Beliau berharap kedepannya bisa dibantu oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB berupa mesin oven pengering pisang untuk membantu proses pengeringan, karena selama ini menggunakan bantuan sinar matahari. Langkah yang akan dilakukan ibu Hasanah yaitu, menambahkan KBLI Tepung pisang di NIB nya, mendaftarkan Kekayaan Intelektual (KI) dan mendaftarkan Sertifikat Halal.