3 Desember 2022

Dekranasda Akan Adakan Lombok Sumbawa Tenun Festival

Senin 22 Agustus 2022, Sekertaris Dinas Perindustrian NTB Sri Iryanti dan sub koordinator promosi investasi Ety Hartati menghadiri rapat koordinasi program kerja Dekranasda tahun 2022-2023. Rapat dihadiri oleh Dinas OPD terkait.

Rapat ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan dan mensinkronkan kegiatan program dari dinas terkait dengan program kegiatan Dekranasda. Rapat dipimpin langsung oleh ketua Umum Dekranasda NTB, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, yang didampingi oleh wakil ketua dan sekertaris dekranasda.

Adapun program yg akan dilaksanakan oleh dekranasda yakni Akan melaksanakan kegiatan Lombok Sumbawa tenun festival. Kegiatan berkaitan dengan tenun ini dilaksanakan tiap tahun, dengan tujuan untuk memperkenalkan tenun NTB dan untuk mengasah keterampilan para desainer.

Ada 7 turunan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu: pertama kegiatan ini, dilaksanakan tingkat nasional yang pesertanya dari seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan tenun NTB pada Indonesia. Kedua, melaksanakan Lomba desain busana sekolah, untuk memperkenalkan kain tenun pada anak-anak. Ketiga melaksanakan pelatihan kewirausahaan di bidang tenun kerja sama dgn Kemendikbud dengan sasaran anak muda putus sekolah. Keempat, Lomba desain kriya dengan tujuan mengasah kreatifitas pengrajin untuk menghasilkan kreatifitas prodak terbaru. Kelima, Expo kriya dan bazar fashion yang akan dilaksanakan di bulan Desember mendatang. Keenam, pagelaran busana tenun yg diikuti oleh 10 kab-kota, hal ini dilakukan untuk menggeliatkan penggunaan busana tenun di masyarakat. Ketujuh, menampilkan hasil dari peserta Inkubasi fashion yg tengah berlangsung saat ini.

Semua OPD yang hadir menyatakan dukungan nya untuk program ini, dengan menyesuaikan program yang ada di OPD masing-masing.