3 Desember 2022

CV Dedi Mandiri, IKM Tembakau dengan Kapasitas Produksi 40 Ton

Kamis (18/08/2022) Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, Pejabat Fungsional Pembina Industri Sub. Koordinator Pengembangan Teknologi, Industri, Kreatifitas dan Inovasi Yana Mulyana, Sub. Koordinator Pembangunan Sumberdaya Manusia Industri Nuraida Fitriani dan staff Moh Ridho Apriyanto menghadiri acara syukuran dan silaturrahim dari Owner CV. Dedi Mandiri, Amaludin salah satu alumni peserta Bimtek Pengolahan Tembakau 2022 beberapa waktu lalu.

CV. Dedi Mandiri beralamat di Dusun Bagik Rempung, Desa Pengengat Pujut Lombok Tengah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pengelolaan tembakau TIS, dan baru memulai usaha pada agustus 2021 lalu.

Dalam acara silaturrahmi pak Amaludin menceritakan bahwa IKM nya sudah mampu memproduksi tembakau TIS dengan kapasitas produksi 40 ton pertahun dan menjadi salah satu IKM Penyumbang Cukai Hasil Tembakau di NTB. Tembakau TIS pak Amaludin dan sudah memiliki pasar di pulau lombok hingga pulau sumbawa dan kedepannya akan menambah target pasar ke pulau kalimantan. Beliau berharap kedepannya kapasitas produksinya dapat meningkat karena beberapa waktu lalu telah mengikuti Bimbingan Teknis Pengolahan Tembakau yang diselenggarakan Dinas Perindustrian NTB.

Untuk mendorong industri tembakau berskala kecil dan menengah dapat tumbuh dan berkembang di Nusa Tenggara Barat, Dinas Perindustrian memfasilitasi IKM pengolahan Tembakau NTB melalui Bimbingan Teknis, bantuan peralatan dan hingga serifikat perizinan, Karena Industri hasil tembakau yang bersumber pada kearifan lokal telah mampu bersaing dan bertahan menjadi industri yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian melalui penyerapan tenaga kerja dan kontribusi kepada pendapatan negara melalui cukai.