28 September 2022

Indonesia Food Inovation siap jadikan IKM pangan lokal sebagai industri pangan yang marketable

Indonesia Food Inovation merupaka Program akselerasi bisnis IKM Pangan terpilih yang memiliki inovasi produk dan atau proses serta berbahan baku utama sumber daya lokal agar siap menjadi industri pangan yang marketable, profitable, dan sustainable.

Bisnis IKM pangan yang menghasilkan produk antara (Intermediate Product) sebagai bagian rantai industri pangan dan Bisnis IKM pangan yang menghasilkan produk olahan pangan untuk kebutuhan kon

Pada 11 Agustus 2022, Sub Koordinator Promosi Investasi Industri Ety Hartati, S. Si. mengikuti zoommeeting sosialisasi Indonesia Food Inovation, Yang diselenggarakan oleh Dirjen IKMA.

Peran industri kecil dan menengah (IKM) sektor makanan dan minuman kian penting ditengah isu krisis pangan global seperti sekarang.

Dilingkup nasional sektor industri makanan dan minuman merupakan kontributor terbesar dari sekian sektor industri pengolahan non migas yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Untuk menjawab kebutuhan pasar, kementerian Perindustrian terus mendorong para pelaku usaha untuk terus berinovasi menciptakan produk-produk inovatif sehingga usahanya dapat terus berkembang. Salah satu stategis yg dilakukan yaitu melalui penyelenggaraan Indonesia Food Inofation (IFI) yg telah digelar sejak tahun 2020.

Peserta IFI terbagi atas dua kategori yaitu; end produk atau IKM pangan yg menghasilkan produk olahan pangan untuk kebutuhan konsumen akhir, dan kategori intermediate produk yaitu IKM pangan yg menghasilan produk antara sebagai rantai suplay industri pangan.

Untuk IFI 2022 Kemenperin mengusung tema ” Promotion Sustainable supply chain and added value through innovation to serve the dynamic markets”

Penilaian atau tantangan yg harus dipenuhi oleh peserta meliputi;
a. Produk mempunyai nilai inovasi
b. Pemanfaatan bahan baku lokal, menggunakan material yang mudah diperoleh di dalam negeri.
c. Kesesuaian prodak dengan kebutuhan pasar memiliki potensi secara komersial

Persyaratan peserta, benefit, kategori pemenang, dan program prioritas untuk peserta dan pemenang dapat di akses di website Kemenperin. Adapun timeline yang dimulai dari 1 Agustus s/d 21 September merupakan tahap registrasi dan kelengkapan data, dilanjutkan 28 September s/d 8 Oktober untuk kurasi. Sementara di tanggal 9 Oktober pengumuman peserta camp dan selamjutnya tanggal 19 Oktober s.d 9 November food camp.

Tanggal 25 s/d 27 November dilakukan penjurian dan sampai dengan tahap terakhir yaitu tanggal 30 November awarding yang kemudian dilanjutkan dengan coaching dan mentoring.