28 September 2022

Kampung Kreasi Jilid IV, BKPD Sampaikan Pentingnya Pengemasan Produk

Kemasan bukan hanya sebagai pelindung atau wadah tetapi harus dapat menjual produk yang dikemasnya. Selain itu Kemasan yang baik menjadi salah satu nilai tambah sebuah produk. Kemasan yang baik juga memberikan kesan pertama. Ibarat riasan, kesan pertama selalu menggoda dengan desain brilian yang tentu menarik konsumen untuk membeli produknya.

Kepala Seksi Pelatihan dan Promosi Balai Kemasan Produk Daerah, Heldy Sardianto, ST.,M.M.Inov bersama admin BKPD Zahrul Martayadi, S.STP menjadi narasumber pada kegiatan “Sosialisasi Produksi, Packaging dan Izin Usaha” yang diadakan oleh BEM Universitas Mataram dalam rangkaian program kampung kreasi jilid IV di Desa Setiling, Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah pada hari Kamis, 11 Agustus 2022.

Heldy menjelaskan pentingnya kemasan dan Labeling kemasan serta memperkenalkan alat kemasan sederhana yang belum diketahui.

“Kemasan dapat meningkatkan nilai jual tersendiri, apabila kualitas produk baik dan juga kemasannya bagus maka jelas harga jualnya akan lebih tinggi.” Tuturnya

Heldy juga mereview beberapa kemasan produk IKM yang hadir mulai dari logo, nama prodak, label halal, dan komposisi dll. Harapannya dengan kegiatan ini, IKM dapat menjadikan kemasan itu hal yang penting bagi produknya dan mampu meningkatkan kualitas produk- produknya.

Kegiatan yang diikuti 20 peserta berasal dari 3 kube Desa Setiling. Turut hadir beberapa narasumber dari dinas terkait seperti Dinas kesehatan Lombok Tengah, Dinas koperasi dan UMKM Lombok Tengah.