28 September 2022

ASKI dan Disperin adakan Roasting Kopi Bersama Gunakan Mesin Buatan Lokal

Minggu 7 Agustus 2022 mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Lutfi, ST., M. Si. hadir dalam acara Roasting Kopi bersama Gratis, yang dilakukan oleh ASKI (Asosiasi Kopi Indonesi) di sekretariat ASKI NTB di jalan Industri No. 26 A Taman Kapitan Ampenan Selatan Kota Mataram.

ASKI sebagai wadah perkumpulan atau organisasi kemasyarakatan bagi petani, pengolah, penggiat usaha industri kopi hingga praktisi dan penikmat kopi yang berskala Nasional. ASKI juga sudah mempunyai peran cukup besar dalam mengembangkan tumbuhan kopi agar mempunyai nilai tambah yang lebih besar. Dengan visinya “Kopi Mempersatukan dan Mensejahterakan” tentu ASKI terbuka dengan semua kalangan, termasuk pemerintah itu tersendiri.

Dinas Perindustrian NTB sebagai lembaga pemerintah juga tidak mau ketinggalan, segala sektor industri tentu harus dilihat, dari industri permesinan, pangan, industri kimia sampai industri kreatif dan lainnya menjadi tantangan tersendiri untuk kemajuan Daerah NTB termasuk industri Kopi.

Saat ini industri Kopi di NTB tumbuh begitu cepat dan mempunyai banyak pelaku dari petani sampai eksportir sehingga ikhtiar yang dilakukan antara ASKI dan Dinas Perindustrian sering terjalin, dari mencetak Barista handal sampai menyiapkan mesin roasting hasil dari binaan tersendiri.

Selanjutnya hari ini Roasting bersama dan gratis untuk siapapun yang datang dan terbuka untuk umum, selain roasting acara tersebut juga dibarengi dengan sharing terkait dengan ilmu roasting, menyeduh kopi hingga merawat tumbuhan kopi agar menjadi kopi terbaik untuk dinikmati.

Kepala Bidang Pemberdayaan sumber daya industri yang hadir, Lalu Lutfi mengatakan bahwa industri kopi yang ada hari ini membuka mata kita bahwa kopi NTB bukan main, salah satu kopi terbaik yang ada di Indonesia jadi sayang kalau kita tidak sambut dengan baik. Beliau juga menuturkan bahwasanya industri kopi bisa menumbuhkan industri lain, seperti industri permesinan yang menyiapkan alat roasting dan membuka lapangan pekerjaan baru. Kegiatan roasting hari ini juga menghadirkan mesin roasting buatan lokal.

Dalam kesempatan yang sama Sekertaris ASKI NTB, Huzaini Areka, mengatakan bahwa acara ini adalah hajatan dari ASKI dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan rangkaian acara Roasting bersama untuk mempromosikan kepada dunia bawah mesin roasting yang kita pakai adalah produk asli NTB dan kopi terbaik NTB. Beliau melanjutkan dengan tumbuhnya Industri kopi di NTB juga menantang kita agar mampu mengelola sumber daya alam ini dengan baik.

Pemprov NTB melalui Dinas Perindustrian juga terus mendorong bagaimana agar industri kopi di NTB mampu menyaingi daerah lain. Bukan hanya tentang hasil pertanian, tetap bagaimana kita meningkatkan nilai tambah yang ada dari hasil sumber daya alam yang kita punya.

Kolaborasi pemerintah dengan lembaga kemasyarakatan salah satu kunci mensukseskan program industrialisasi NTB untuk daerah lebih baik.