28 September 2022

Sembalun DMO Bangun Kerjasama dengan Stakeholder Lestarikan Tenun NTB

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB, Sekretaris Dinas Perindustrian Prov. NTB Dra. Sri Irianti mendampingi Ibu Gubernur NTB Dr. Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE., M.Sc menerima audensi Sembalun DMO bertempat di ruang tamu pendopo pada hari Selasa, 26 Juli 2022.

Sebagai bagian dari program Membangun Resiliensi Tenun Sembalun, Sembalun DMO dengan dukungan dari Bank Indonesia telah mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kualitas Tenun Sembalun yang di adakan selama 28 hari dimulai 13 juni s/d 15 juli 2022 lalu yang disusul dengan program penguatan kelembagaan berupa pembentukan koperasi Tenun Sangkabira.

Untuk menjamin keberlanjutan program dimaksud, Sembalun DMO hendak membangun kerjasama dengan stakeholder terkait, termasuk Dekranasda Provinsi NTB.

Adapun beberapa hal yang disampaikan oleh pihak Sembalun DMO yaitu mendapat pelatihan tenun dari Bank Indonesia mulai dari mewarnai benang dengan pewarna alam, menyambungkan benang sampai menenun dengan mengunakan ATBM serta menghasilkan tenun lebih cepat dan bagus serta berkomitmen tetap mempertahankan ciri khas sembalun walaupun menggunakan ATBM

Dalam waktu dekat pihak Sembalun DMO akan membentuk sentra tenun dan sekarang sudah terbentuk koperasi Tenun Sangkabira. Pengurus dan anggota berasal dari peserta yg telah mendapatkan Pelatihan.