3 Desember 2022

UPTD BKPD Provinsi NTB Dampingin IKM Study Banding

Mewakili Kepala Balai Kemasan Produk Daerah, Kasubbag TU Hj. Airlina Maya Sugiartini, SE., Pejabat Fungsional Dra. Hafsah dan Staf Nanik Budi Utami, SE., mendampingi Migrant Care NTB yang diketuai oleh Endang bersama 10 IKM se Pulau Lombok dalam acara study banding ke beberapa IKM seperti: Pawon Pengsong, Nutsafir, Sate Rembiga Goyang Lidah, dan Billebante pada hari Selasa, 26 Juli 2022 lalu.

Kasubbag TU Balai Kemasan Produk Daerah, Hj. Airlina Maya Sugiartini, SE., dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta yang hadir untuk menggali ilmu dari pawon pengsong agar ilmunya tertular dan memanfaatkan waktu singkat ini dengan kiat-kiat yang diberikan untuk dipraktikkan nanti.

Kegiatan dibuka oleh bu endang yang berlokasi di Pawon Pengsong diterima oleh Hj. Nur Aida, S.Pd selaku owner. Dalam penyampaiannya Endang mengucapkan Terima kasih kepada Balai Kemasan sudah membersamai dari saat pelatihan kemasan hingga study banding ke IKM-IKM yang sudah berkembang.

“Ikm yg hadir ini baru memulai usaha, perwakilan 2 org dari 5 desa di Lombok Tengah. Maksud dan Tujuan kami ingin belajar lebih banyak terkait perkembangan usaha dari IKM-IKM yang sudah berkembang go nasional” jelasnya.

Aida menceritakan awal perjalanan hingga menjadi seperti saat ini dengan modal awal Rp. 1.500 untuk membuat 1 produk yaitu serbat jahe, selang beberapa bulan dengan kesabaran akhirnya mulai menambah produk hingga kini pemasaran sudah sampai U.S.A.

Kunjungan dilanjutkan menuju IKM Nutsafir Cookies dan IKM Sate Rembiga untuk melihat proses pembuatan cookies serta melihat kegiatan di rumah produksi.