31 Januari 2023

Rapat Koordinasi Pokja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi NTB

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB,Kabid Sarana dan Prasarana Baiq Yunita Puji Widiani, S.T., M.Si., didampingi Fungsional Perencana, Asep Kurniawan, MM. Inov., menghadiri Rapat Koordinasi Pokja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi NTB Tahun 2022 yang berlokasi di Ruang Rapat Bappeda pada hari Kamis, 28 Juli 2022.

Posisi kemiskinan di Prov NTB berada pada angka 13,65% atau sekitar 305rb penduduk, dibandingkan dengan tahun sebelumnya angka kemiskinan pada tahun ini lebih kecil namun penurunannya dianggap masih kecil sehingga perlu dilakukan langkah-langkah percepatan.

Dinas Perindustrian NTB masuk dalam Pokja Program Penguatan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil bersama diantaranya Dinas Koperasi dan UKM sebagai koordinator, Dinas Perdagangan, Biro Ekonomi, dan yang lainnya.

Untuk sasaran program dan kegiatan yg berhubungan dgn penanggulangan kemiskinan Dinas Sosial diminta untuk segera mengupdate terkait DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sehingga nantinya bisa di sinergikan dengan sasaran. Program kegiatan penanggulangan kemiskinann di masing masing opd. Keterpaduan data ini utk memdukung arahan presiden dan tujuan dari SDG terkait dengan penghapusan kemiskinan ekstreem tahun 2024 menuju angka 0 persen.

Untuk penyelarasan data dan rapat pokja berikutnya diserahkan kepada Dinas Koperasi dan UKM sebagai koordinator terkait tempat dan jadwal pertemuan berikutnya.