28 September 2022

Asistensi Peningkatan Daya Saing Wilayah Berbasis Kawasan Khusus dan Strategis Nasional di Provinsi NTB

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Pejabat Pembina Industri Bahrul Helmi, SH, M.M.Inov. menghadiri rapat Asistensi dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Wilayah Berbasis Kawasan Khusus dan Strategis Nasional di Provinsi NTB yang berlokasi di Hotel Lombok Raya pada hari Kamis (28/07/22).

Perwakilan Kementerian Dalam Negeri, menyampaikan kawasan khusus dan strategis Nasional harus sudah ada penetapan dari pemerintah pusat serta komitmen Pemda untuk berperan mengelola kawasan tersebut, dan juga harus memberikan fasilitasi dan kemudahan dalam kawasan, serta berkomitmen untuk menghubungkan dengan kawasan Strategis lainnya.

Dalam agenda ini, Helmi menyampaikan rencana pembangunan NTB HIP dan usulannya sebagai PSN untuk mendapatkan dukungan maupun asistensi tambahan dari semua pihak yakni Pemerintah Pusat maupun daerah untuk kemudahan dan percepatan proses NTB HIP sebagai Program Strategis Nasional (PSN). Usulan tersebut juga sudah diajukan ke presiden oleh Gubernur NTB dan ditanggapi oleh Kementerian Perindustrian dengan mengundang rapat pembahasan NTB HIP sebagai PSN yaitu program strategis nasional beberapa waktu lalu.

Rapat ini juga dihadiri oleh Bappeda Provinsi NTB dan PUPR Provinsi NTB.