28 September 2022

Disperin NTB Gandeng Kimia Farma Untuk Mendukung IKM NTB

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Kepala Bidang Kerjasama, Promosi dan Investasi Industri, Dra Ely Suryani, M. Pd., membuka kegiatan Sosialisasi Pendanaan UMK Kimia Farma bersama Dinas Perindustrian Provinsi NTB di Aula Halal Industrial Park pada hari Jumat, 29 Juli 2022.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kepada mitra dan IKM Binaan Dinas Perindustrian memanfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi sekaligus berkolaborasi dengan Kimia Farma. Selain itu, disampaikan juga agar seluruh mitra bisa menyampaikan peluang peluang yang didapatkan pada hari ini untuk diteruskan ke IKM binaan agar dapat dipergunakan untuk kemajuan IKM kedepannya.

“IKM disini bisa langsung melihat peluang apa yang difasilitasi oleh kimia farma, kemudian bapak/ibu mitra bisa meneruskan peluang peluang ini ke binaannya.” Tuturnya.

Menurut penjelasan Manager Umum Kimia Farma, Rizki Stefanus, Kimia Farma memiliki 5 Program Unggulan yang diperuntukkan IKM untuk naik kelas, diantaranya:
Pertama, UMKM Academi yang merupakan Bentuk pembinaan/pelatihan UMK guna meningkatkan kualitas produk dan/atau sertifikasi produk yang sesuai dengan standar kebutuhan Kimia Farma agar menjadi naik kelas melalui proses Inkubasi Bisnis UMKM Academy.
Kedua, Kelas IKM yang merupakan Pemberian pembinaann/pelatihan dalam bentuk wokshop atau webinar sesuai dengan kategori pembinaan UMK guna memecahkan masalah rantai pasok UMK.
Ketiga, Pameran/Exhibition agar Memberikan Kesempatan UMK potensial atau lolos kurasi untuk mengikuti pameran nasional/ internasional.
Keempat, Akses Pasar Apotek yang akan Memberikan Kesempatan UMK potensial atau untuk memasarkan produk dijual di Apotek Kimia Farma yang telah memiliki legalitas sesuai standar Kimia Farma. Kelima, Memberikan Fasilitas Sertifikasi yang diperlukan UMK untuk meningkatkan produktifitas produk seperti Halal, BPOM, PIRT dll.

Selain itu syarat menjadi Mitra Binaan PUMK Kimia Farma adalah : Warga Negara Indonesia, belum mendapatan akses Perbankan, Perseroan/Badan Usaha/ Non Badan Usaha, termasuk usaha mikro dan koperasi, Berdiri sendiri, Diutamakan usaha mikro dan usaha kecil yang berlokasi di wilayah kerja BUMN, UMK dengan jenis usaha yg sejalan dibidang dan/mendukung bisnis inti perusahaan, serta Potensi dan Prosepek untuk usaha dikembangkan.

Adapun Dokumen yang harus disiapkan adalah : Mengisi Form Pengajuan, Surat Permohonan, Foto 4×6 Pemilik dan Suami/istri, Foto Tempat Usaha dan Denah/Peta Lokasi Foto Rumah dan Denah/ Peta Lokasi, Profil Usaha dan Foto Produk Usaha, KTP, NPWP, KK, Foto Copy Buku Rekening dan Mutasi Rekening 3 Bulan, Izin Usaha UMK.

Untuk tata cara pendaftaran pinjaman dapat mengisi link form di https://bit.ly/FormPendaftaranCMKF atau menghubungi PIC Program Pendanaan UMK Kimia Farma 0812-9076-4028 (ADMIN PUMK)

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan diskusi dan testimoni salah satu IKM lokal NTB yang telah menjadi binaan kimia farma selama dua tahun.