28 September 2022

Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Menuju Inovatif Government Awards Tahun 2022

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB, Tim Kesekretariatan Dinas Perindustrian NTB, Janu Tri Gunawan, S.P dan Ahmad Ijtihad, MM.Inov mengikuti acara Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Tahun 2022 yang berlokasi di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur pada hari Kamis (28/07/2022).

Inovasi bertujuan meningkatkan daya saing daerah dalam pelayanan publik, dengan filosofi 1) memangkas biaya/gratis 2) memangkas jalur birokrasi, 3) memangkas waktu. Dapat juga berupa inovasi terapan yang bermanfaat luas bagi masyarakat.

Kepala Bidang Litbang Brida NTB Lalu Suryadi, S.IP,. MM. selaku narasumber pada kegiatan ini menyampaikan Indeks Inovasi NTB 2021 sebesar 75,57 predikat Sangat Inovatif peringkat 2 nasional, tahun 2022 ditargetkan sebesar 80. Inovasi yg telah diterapkan Tahun 2020 dan 2021 dapat diikutkan, atau Inovasi sebelum Tahun 2020 dengan keterbaruan yg signifikan atau berdampak luas, baik Digital maupun Non Digital.

Terdapat 21 indikator dalam penilaian yang harus disertakan data dukung, dengan 5 indikator wajib yaitu 1) regulasi; 2) ketersediaan SDM; 3) pemanfaatan; 4) kecepatan dan 5) vidio.

Selain diupload dalam aplikasi, seluruh data dukung disampaikan ke Brida dalam bentuk hard copy yang diperlukan pada tahap verifikasi oleh Tim Pusat dengan OPD yg dipilih secara acak. Brida memberikan pendampingan kepada OPD selama penginputan data. Dimulai pada tanggal 28 Juli s.d akhir September 2022. Ketelitian, kelengkapan dan kualitas dokumen menjadi perhatian sebagai hasil evaluasi IGA tahun 2021. Selama proses penginputan Brida akan melakukan evaluasi dalam bentuk laporan progres pencapaian setiap OPD sampai batas akhir waktu dari Pusat. Disampaikan juga link dan Akun setiap OPD untuk mengakses aplikasi IGA 2022.

Dalam hal ini Dinas Perindustrian NTB akan berbenah dan mempersiapkan hal hal yang dibutubkan untuk mengikuti kegiatan Indeks Inovasi Daerah.