28 September 2022

Diversifikasi dan Pemanfaatan Tembakau NTB

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB menghadiri kegiatan sosialisasi ketentuan Cukai Hasil Tembakau (CHT) sekaligus sebagai Narasumber yang diselenggarakan oleh Bappenda NTB, Rabu (20/7/2022) di Hotel Grand Legi Mataram dengan agenda Program Strategis NTB Gemilang melalui Cukai Hasil Tembakau (CHT).

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME. sangat mengapresiasi acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bappenda NTB tersebut karena telah mengundang IKM mitra Tembakau sehingga para pengusaha tersebut dapat pemahaman terkait perizinan serta bagaimana mendapatkan bea cukai tembakau.

Dalam kesempatan tersebut Kadisperin NTB menyampaikan macam-macam diversifikasi dan pemanfaatan tembakau.

“Tembakau tidak hanya menjadi bahan rokok saja, setelah melakukan study tiru di Jember ternyata tembakau memiliki 50 produk turunan tembakau, dimulai dari akar sampai bunga dapat dimanfaatkan jadi tidak ada yang terbuang sia- sia” ungkap Kadisperin NTB

Di Kesempatan tersebut Kadisperin NTB pun menyampaikan target perencanaan bahwa akan melakukan pelatihan pemanfaatan tembakau di Desa Semoyang dengan harapan ada pelaku usaha baru yang memiliki cukai sehingga dapat meningkatkan anggaran pendapatan disisi cukai dan dapat berdampak juga untuk mengurangi kemiskinan serta stunting. Desa semoyang merupakan desa yang banyak menghasilkan tembakau namun tidak ada retribusi cukai. Untuk itulah Yanti, mendorong peningkatan penambahan cukai dengan memberikan pelatihan pemanfaatan tembakau serta menginisiasi pelatihan saos tembakau dari ekstrak buah dan rempah dengan tujuan kandungan nikotin dari tembakau (rokok) dapat berkurang.

Serta Dinas Perindustrian NTB akan memfasilitasi pelaku tembakau yang belum mendapatkan pelatihan dan akan mengadakan pemetaan kebutuhan pelaku industri tembakau serta diverifikasi tujuannya agar sinkron dengan perencanaan dinas perindustrian provinsi NTB.