28 September 2022

Kepala Bidang Kerjasama, Dra. Hj. Ely Suryani, M. Pd bersama Pejabat Fungsional Pembina Industri, Ir. Evy Djulaeha Taviningsih, melakukan kunjungan ke IKM UD. Sende Maju yang berlokasi di Dusun Montong Atas, Desa Montong Baan, Kecamatan Sikur, Kab. Lombok Timur pada hari Selasa 19 Juli 2022.

Berawal dari usaha garam beryodium yang di geluti sejak tahun 90-an dengan total 7 pegawai ini pernah menggeluti JPS Gemilang tahun 2020 untuk memenuhi kebutuhan garam di Provinsi NTB. UD. Sende maju sedang diversifikasi garam yaitu garam kosmetik dan spa serta sudah membangun rumah produksi sesuai dengan standar BPPOM pusat. Pada bulan februari lalu, UD. Sende Maju mengikuti pelatihan garam kosmetik dan spa di Cirebon.

Dalam kunjungan ini, Murti Negari, selaku pemilik usaha UD. Sende Maju mengatakan bahwa beberapa kendala yang dihadapi, di antaranya izin edar garam spa dan kosmetik sudah diproses namun ada kendala dalam apoteker, SNI garam beryodium sudah mati, serta belum memiliki mesin perlatan pencampur garam kosmetik dan spa untuk mempercat proses produksinya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Bidang Kerjasama, Dra. Ely Suryani, M. Pd menyampaikan Disperin NTB akan membantu memfasilitasi percepatan keluarnya izin edar dan membantu memperpanjang SNI yang telah mati. Ely juga menambahkan pengembangan kedepan yang harus dilakukan adalah bermitra dengan IKM untuk rantai pasok bahan baku yang dibutuhkan.

“Prospek kedepannya bisa mengembangkan berbagai macam produk garam seperti garam untuk lulur, spa, terapi, dan berbagai jenis lainnya dengan rantai pasok dari IKM NTB” Ungkapnya.