28 September 2022

Disperin NTB Terima Kunjungan Diskop UKM NTB terkait Olahan Tembakau

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, didampingi Pejabat fungsional Pembina Industri Retno Bintorowati A.md Gizi., S.Pd menerima kunjungan dari Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi Hilwan M.Si dan Analis Koperasi Dinas Koperasi UKM NTB, Uji Alvian, SE. pada hari Selasa 19 Juni 2022.

Kunjungan Dinas Koperasi UKM NTB ke Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri Dinas Perindustrian NTB bertujuan melakukan konsultasi dan menggali informasi terkait Pengolahan dan cara mengolah tembakau beserta turunannya menjadi produk non rokok, mengingat Dinas Perindustrian NTB beberapa waktu lalu telah melakukan studi Tiru Ke Jember Prov. Jawa Timur (kota tembakau) yang merupakan salah satu daerah produsen dan penghasil tembakau terbaik.

Hilwan menjelaskan Dinas Koperasi UKM NTB pada tanggal 13-15 Juli 2022 lalu telah melalukan Bimbingan Teknis penanganan Pasca Panen Kawasan Tembakau. Untuk menindaklanjuti Hasil rekomendasi dari peserta Bimtek, perlu adanya Pembinaan Pendidikan, Pelatihan atau studi banding untuk peningkatan SDM bagi petani dan IKM tembakau NTB.

” Jadi kami kesini untuk mengetahui produk olahan tembakau beserta turunannya karena di Nusa Tenggara Barat sendiri Pemanfaatan tanaman tembakau selama ini masih sebatas pada daunnya sebagai bahan baku rokok.” Tuturnya

Dari Hasil Studi Tiru beberapa waktu lalu, Lalu Luthfi menyampaikan bahwa Selain rokok Daun Tembakau, Limbah batang bunga hingga akar tembakau dapat diolah menjadi produk olahan non rokok seperti; Nikotin cair, Lotions anti lintah, anti bakteri, asap cair Kertas, Bio Pelet, briket, bio pestisida dan lainnya. Untuk itu menjadi kewajiban bagi seluruh stakeholders agar secara bersama-sama mengambil peran dan mensukseskan Petani, IKM dan UKM NTB.

“Perlu ada kesepahaman bersama untuk pemberdayaan dan kemajuan Serta Pentingnya kerjasama, sinergi dan peran serta dari seluruh elemen untuk olahan tembakau.” Tutupnya.