28 September 2022

IKM Perkakas Tangan NTB, Potensi Ekonomi Desa Berembeng

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME, menghadiri kegiatan Focus Group Discussiom mengenai Identifikasi Potensi Sentra Pande Besi di Brembeng Dalam Rangka Pendampingan Kemitraan IKM Perkakas Tangan di NTB yang berlokasi di Desa Bonjeruk, Kabupaten Lombok Tengah. Kamis, 14 Juli 2022.

Dalam sambutannya, Direktur IKMA, Dini Hanggardani, M. Si, mengungkapkan langkah kerjasama yang dilakukan berupa kemitraan dalam saling membantu dan menguntungkan untuk membangun industri menengah dan mandiri.

Terdapat 11 Provinsi sentra IKM Perkakas Tangan binaan Ditjen IKMA Kemenprin RI. Beliau juga mengatakan ini adalah kunci untuk meningkatkan kualitas SDM dan peningkatan hasil kerajinan besi.

“Sebagian besar ikm masih tumbuh dan berkembang. FGD kali ini akan didapatkan rencana pengembangan sekaligus rencana aksi dari hulu sampai hilir guna meningkatkan kuatkan ikm pandai besi Desa Brembeng.” Tuturnya

Dalam hal ini, Kadisperin Prov. NTB, Nuryanti., SE., ME, menyampaikan pembuatan perkakas tangan bisa menjadi salah satu fokus industri di NTB, sehingga terjaga kualitasnya termasuk dalam hal pemasaran yang nantinya akan menjadi daya ungkit ekonomi di Desa Brembeng sampai menjadi desa industri.

“Semoga bisa menjadi daya ungkit dan bisa menjadi salah satu usaha bahan baku yang lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan pasar”. Ungkapnya

Nuryanti juga menambahkan semua ketua asosiasi mitra yang bergerak di umkm atau industri sudah di rangkul sehingga diharapkan ketemu rantai pasoknya termasuk dalam hal inovasi teknologi.

“Inovasilah yang mengawalkan adanya teknologi, kemampuan inovasi yang membuat sesuatu bisa berkembang.” Tutupnya