28 September 2022

Sinergi Disperin NTB dan Kemenperin, IKM Lokal Dilatih Buat Mesin Laser Cutting

Kadisperin Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME menghadiri pembukaan kegiatan Pendampingan Pembuatan Mesin Laser Cutting Bagi IKM di Lombok Barat yang berlokasi di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat. Rabu, 13 Juli 2022.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam Mesin Elektronika dan Alat Angkut, Kementrian Perindustrian RI, Dini Hanggandari. Dalam sambutannya Dini Hanggandari berharap agar NTB bisa membuat ekosistem sepeda listrik kedepannya yang bisa dipasarkan dengan desain menarik dan sesuai standarisasi.

“Kita harapkan IKM agar bisa membuat design yang menarik dengan harga yang bisa di turunkan serta bisa masuk kedalam e-katalog jadi kalau mau membeli bisa dari situ.” Ucapnya

Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti, SE., ME., mengapresiasi dan berterimakasih atas diadakannya pendampingan ini di Nusa Tenggara Barat. Menurutnya NTB sudah maju selangkah, selanjutnya mesin-mesin NTB kedepan secara bertahap akan berinovasi. Permesinan diharapkan akan ada penyempurnaan serta tidak hanya bisa membuat tapi harus bisa purna jual yang harus di tingkatkan. Dinas Perindustrian NTB sedang berusaha menggandeng IKM permesinan untuk mulai menerapkan IOT agar masuk kedalam industri 4.0.

“Kalau kita sudah bisa menguasi ibunya mesin seperti yang dikatakan oleh pak gubernur yakni mother of machine” maka kita bisa melahirkan mesin apa saja yang dibutuhkan, mudah-mudahan setelah diberikannya mesin laser cutting kedepannya ada support dari kemenprin sehingga bisa pilot project mesin yg sudah dibuat oleh pak susan kedepannya pengadaan mesin CNC di NTB kedepannya bisa menggunakan mesinnya Pak Susan”. Tuturnya

Dalam hal ini Kementrian Perindustrian RI bersama Dinas Perindustrian Provinsi NTB melaksanakan Pendampingan Pembuatan Mesin Laser Cutting Bagi IKM di Lombok Barat selama 14 hari mulai dari 13 sampai dengan 28 Juli 2022.

Selain itu, serah terima mesin kepada perwakilan Asosiasi Pengusaha dan Pengrajin Logam (ASPPEL) NTB dalam hal ini di berikan kepada ketua Asppel, Nasar Suzan, ST, berupa Mesin CNC Plasma Cutting, sekaligus kunjungan ke IKM.