28 September 2022

Tujuh Rumah Produksi IKM NTB Akan di Kick Off Oleh Wapres

Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti., SE., ME. menerima kunjungan Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Dr. Sutan Amir Hidayat, MBA., beserta tim di ruang kerjanya pada hari Kamis, 30 Juni 2022 lalu guna Mendorong Rumah Kemasan Produksi di NTB

Dalam pertemuan tersebut Sutan Amir Hidayat menyebutkan, KNEKS telah memilih ayam rarang dan sate rembiga sebagai pilot project persemian rumah produksi bersama bulan Oktober mendatang dan akan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian NTB menyambut baik hal tersebut. Beliau menambahkan tujuh Rumah produksi yang dimiliki oleh IKM NTB agar diresmikan juga oleh Wapres, diantaranya rumah produksi sate Rembiga, ayam rarang, ayam taliwang, teh kelor, kosmetik organik, kosmetik iwin insani.

Sutan Amir Hidayat juga memberikan saran agar Rumah kemasan yang sedang menunggu izin BPOM dan izin edar diusulkan menjadi rumah kemasan bersama oleh KENKS Dan rumah kemasan bersama tersebut bisa diusulkan jadi satu pintu mulai dari masaknya, pengurusan sertifikasi halalnya, BPOM serta izin sehingga secara otomatis produk UMKM yang sudah masuk di rumah kemasan bersama tersebut sudah jelas mendapatkan izin edarnya serta Halalnya.

Mengingat selama ini proses sertifikasi dan uji produk halal sering kali memakan waktu lama dan proses yang rumit, oleh karena itu, dengan adanya Kawasan tersebut dapat mempermudah dan mempercepat UMKM untuk mendapatkan sertifikasi dan uji produk halal tanpa memakan waktu yang lama.

Ditambah juga, tim KNEKS menyampaikan rumah produksi yang ada di sate Rembiga Goyang Lidah sudah bisa dijadikan sebagai rumah kemasan bersama asalkan orang yang memiliki tempat setuju dan kapasitas produksi terpenuhi serta aman, bersih, sehat dan halal.

NTBLawanCorona

Industrialisasi

CintaidanBeliProdukNTB

PertumbuhanIndustri

IKMnaikKelas

NTBMandiridanSejahtera

NTBGemilang

DariNTBuntukIndonesia

IKMKerjaKerasIKMNaikKelas