10 Agustus 2022

Disperin NTB Lakukan Studi Ke Jember Untuk Permesinan Tepat Guna dalam Mendukung IKM Tembakau

Tembakau menjadi bagian sejarah dan kehidupan manusia di dunia, maupun indonesia. Keberadaan tembakau membentuk sebuah sistem sosial dan budaya yang memiliki keunikan sendiri di masing-masing tempat. Ragam karya budaya dan seni tercipta didalamnya menjadi sebuah cerminan bagaimana laku kehidupan mereka sehari-hari, tumbuh dan berkembang dari generasi ke generasi.

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, SE.ME Bersama Pejabat fungsional Pembina Industri Retno Bintorowati A.md Gizi., S.Pd, Nuraida Fitriani, S.T, Staff bidang Moh. Ridho Apriyanto, dan Diki Dewantara juga didampingi Kepala Sub. Bidang Sertifikasi dan standarisasi bidang pengembangan sumbedaya IPTEK BRIDA Prov. NTB, serta Perwakilan IKM Tembakau NTB mengunjungi UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang Lembaga Tembakau dan dilanjutkan dengan mengunjungi Museum Tembakau Kab. Jember Jawa Timur dalam rangka Studi banding Kawasan Tembakau, pada hari Selasa 5 Juli 2022.

Dalam Studi Banding ini Disperin NTB juga menggandeng Perwakilan ASPEL NTB dengan harapan Asosiasi Pengusaha dan Pengerajin Logam ini membuat permesinan tepat guna dalam mendukung IKM Tembakau NTB mengolah Produk olahan Tembakau non rokok yang akan di kembangkan di NTB nantinya.

Sebelumnya Tim Studi banding Kawasan Tembakau Nusa Tenggara Barat telah mengunjungi Pusat Penelitian Tembakau (PTPN X) Kab. Jember Jawa Timur dan berkesempatan melihat dan mempelajari langsung proses mengolah Tembakau menjadi produk non rokok. Tim PTPN X mencontohkan, sejumlah kecil daun tembakau menjadi produk-produk olahan selain rokok di PTPN X. Kab Jember.

Dalam Kunjungan tersebut Tim Studi Banding Kawasan Tembakau NTB disambut Kepala UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang Lembaga Tembakau Bapak Abdel Popang, Pada Kesempatan Tersebut beliau menjelaskan pelayanan-pelayanan UPT PSMB LT Jember, memiliki Sarana Prasarana berupa Gedung, Laboratorium, Peralatan Pengujian Mutu pada komoditi Pertanian (Tembakau, Beras, Gabah, Jagung, Kedelai, Kopi) dan lebih spesifik lagi di bidang uji Residu Pestisida, uji kandungan Tar dan Nikotin pada Rokok)

Tim Studi banding Kawasan tembakau juga berkesempatan mengunjungi Museum Dan perpustakaan tembakau sebagai bagian dari Tobacco Information Center, yang memberikan informasi diversifikasi Tembakau, manfaat positif tembakau selain untuk bahan Baku cerutu dan rokok.

Setelah kunjungan ini harapannya Dinas Perindustrian NTB dapat menambah wawasan tentang difersivikasi olahan tembakau untuk menghasilkan berbagai macam produk turunan selain rokok agar membantu IKM tembakau memperoleh Nilai Tambah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat NTB.