10 Agustus 2022

Studi Tiru Disperin NTB ke PTPN X Kab. Jember Jawa Timur

Tembakau merupakan salah satu komoditas unggulan di Nusa Tenggara Barat yang menjadi salah satu peluang pembiayaan fiskal untuk pembangunan daerah NTB. Baik melalui tata niaga tembakau maupun dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB Pejabat fungsional Pembina Industri Retno Bintorowati A.md Gizi., S.Pd, Nuraida Fitriani, S.T, Staff bidang Moh. Ridho Apriyanto, dan Diki Dewantara Didampingi Kepala Sub. Bidang Sertifikasi dan standarisasi bidang pengembangan sumbedaya IPTEK BRIDA Prov. NTB, Perwakilan ASPEL NTB, Perwakilan IKM Tembakau NTB, Serta Perwakilan IKM Permesinan NTB mengunjungi Pusat Penelitian Tembakau Kab. Jember Jawa Timur (PTPN X) pada hari Selasa, 05 Juli 2022 Dalam rangka Studi banding Kawasan tembakau.

Mengingat Kabupaten Jember merupakan salah satu penghasil Tembakau terbaik dunia. Kabupaten Jember dikenal juga dengan kota tembakau dan merupakan salah satu daerah produsen dan penghasil tembakau terbesar dengan produk yang berkualitas.

Studi Tiru Kawasan tembakau ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana cara mengolah tembakau beserta turunannya karena di Nusa Tenggara Barat sendiri Pemanfaatan tanaman tembakau selama ini masih sebatas pada daunnya sebagai bahan baku rokok.

Karena seiring perkembangan IPTEK, tanaman tembakau dapat menghasilkan berbagai macam produk turunan melalui proses ekstraksi. hasil ekstraksi tembakau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produk farmasi maupun produk kosmetik.

Selain rokok Daun Tembakau, Limbah batang bunga hingga akar tembakau dapat menjadi produk olahan seperti; Nikotin cair, Lotions anti lintah, anti bakteri, asap cair Kertas, Bio Pelet, briket bio pestisida dll.

Melalui studi tiru ini, Produk-Produk dari tembakau dan turunannya ini diharapkan dapat dikembangkan di Nusa Tenggara Barat.

Dalam kunjungan ini Tim dari Nusa Tenggara Barat berkesempatan melihat langsung proses mengolah Tembakau dan turunanya menjadi produk-produk olahan selain rokok di PTPN X. Kab Jember.

Setelah kunjungan ini harapannya Dinas Perindustrian NTB dapat melakukan diversifikasi guna menghasilkan berbagai macam produk turunan selain rokok untuk membantu IKM tembakau memperoleh Nilai Tambah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat NTB