10 Agustus 2022

NTB dipilih Wapres Sebagai Pilot Project Rumah Produksi untuk IKM

Dalam rangka peningkatan kualitas dan standarisasi produk IKM di Provinsi NTB diperlukan fasilitas rumah produksi yang memadai sesuai ketentuan dan standar yang berlaku. Oleh karena itu WAPRES mengarahkan NTB sebagai Kawasan industry sebagai pilot project untuk membangun rumah produksi bersama, dimana rumah produksi ini dapat dimanfaatkan dan digunakan bersama oleh IKM – IKM yang saling bermitra untuk melaksanakan transaksi dan membangun ekosistem industri. Sehingga IKM – IKM dapat terbantu dengan fasilitas standarisasi halal, BPOM, dan lainnya.

Menindaklanjuti arahan WAPRES tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME memimpin rapat mitra dan rumah produksi bertempat di Aula Halal Industrial Park pada hari Senin (05/07/2022) yang dihadiri oleh tujuh IKM Lokal NTB diantaranya, IKM Ayam Rarang, IKM Kosmetik (CV Iwin Insani), IKM Kometik (Oganic Lombok), IKM minyak Kelapa (Al-Amin KLU), IKM Sate Rembige (Goyang Lidah), dan IKM Herbal (Teh Kelor Morikai).

Dalam penyampaiannya, Kadisperin mengarahkan agar tujuh IKM besar yang hadir untuk mencari minimal lima IKM kecil sebagai mitra mereka dan setiap IKM besar tersebut diminta menyiapkan dua orang untuk dilatih oleh KNEKS sebagai penyedia halal dan quality control. Selain itu, setiap rumah produksi Bersama diwajibkan untuk tersertifikasi halal terlebih dahulu.

Hari Kamis mendatang untuk langkah tindaklanjut, Disperin NTB akan mengundang Lembaga – Lembaga mitra seperti IWAPI dan lainnya untuk melaksanakan sosialisasi terkait rumah produksi Bersama.