10 Agustus 2022

Bangkitkan UMKM Dinas Perindustrian Provinsi NTB Berkolaborasi Dengan Kimia Farma Lewat Program Pendanaan Usaha Mikro Dan Usaha Kecil (PUMK)

Program ini secara garis besar membantu permodalan bagi UMK yang ingin berkembang. Rizki Oktavianus selaku Narasumber dari Kimia Farma menjelaskan, ” Program ini merupakan program dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang bertujuan untuk membina UMKM yang sumber dananya dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara itu sendiri, dimana dana tersebut berupa pinjaman bergulir dengan jasa administrasi guna mendorong UMK yang berdaya saing dan mandiri “.

Rizki Oktavianus menambahkan terdapat 5 Program Unggulan yang termasuk kedalam program PUMK : Pertama, UMKM Academy yang merupakan Bentuk pembinaan/pelatihan UMK guna meningkatkan kualitas produk dan/atau sertifikasi produk yang sesuai dengan standar kebutuhan Kimia Farma agar menjadi naik kelas melalui proses Inkubasi Bisnis UMKM Academy. Kedua, Kelas IKM yang merupakan Pemberian pembinaan/pelatihan dalam bentuk workshop atau webinar sesuai dengan kategori pembinaan UMK guna memecahkan masalah rantai pasok UMK. Ketiga, Pameran/Exhibition agar Memberikan Kesempatan UMK potensial atau lolos kurasi untuk mengikuti pameran nasional / internasional. Keempat, Akses Pasar Apotek yang akan Memberikan Kesempatan UMK potensial atau untuk memasarkan produk dijual di Apotek Kimia Farma yang telah memiliki legalitas sesuai standar Kimia Farma. Kelima, Sertifikasi yang akan Memberikan Fasilitas Sertifikasi yang diperlukan UMK untuk meningkatkan produktifitas produk seperti Halal, BPOM, PIRT dll.

Beberapa syarat untuk menjadi Mitra Binaan PUMK, yaitu : Warga Negara Indonesia, Belum Mendapatkan Akses Perbankan, Perseroan/Badan Usaha/ Non Badan Usaha, termasuk usaha mikro dan koperasi, Berdiri sendiri, Diutamakan usaha mikro dan usaha kecil yang berlokasi di wilayah kerja BUMN, UMK dengan jenis usaha yang sejalan di bidang dan/mendukung bisnis inti perusahaan, serta Potensi dan Prospek untuk usaha dikembangkan.

Sedangkan dokumen yang harus disiapkan adalah :  Mengisi Form Pengajuan, Surat Permohonan, Foto 4×6 Pemilik dan Suami/istri, Foto Tempat Usaha dan Denah/Peta Lokasi Foto Rumah dan Denah/ Peta Lokasi, Profil Usaha dan Foto Produk Usaha, KTP, NPWP, KK, Foto Copy Buku Rekening dan Mutasi Rekening 3 Bulan, Izin Usaha UMK.  Tata cara pendaftaran pinjaman dapat dilakukan dengan mengisi link form di https://bit.ly/FormPendaftaranCMKF atau menghubungi PIC Program Pendanaan UMK Kimia Farma 0812-9076-4028 (ADMIN PUMK).

Kepala Dinas Perindustrian, Nuryanti menambahkan, ” untuk kedepannya akan mengagendakan kembali kegiatan seperti ini tentunya dengan mengundang beberapa IKM untuk didampingi alur distribusi dan standar-standar dari Kimia Farma “