10 Agustus 2022

Pelatihan Manajemen Mutu & Pengelolaan Sentra Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Kelembagaan Sentra IKM Banjir Peminat

Pelatihan Manajemen Mutu & Pengelolaan Sentra Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Kelembagaan Sentra IKM yang diikuti oleh 30 peserta berasal dari Ikm Pengolah Kelapa Beserta Turunannya yang bertempat di Hotel Mina Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. (Selasa, 28 Juni 2022)

ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu yang berisikan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan atau organisasi. Standar ISO 9001 menggunakan pendekatan manajemen mutu  berorientasi pada proses. Untuk memastikan tingkat keberhasilan manajemen kualitas berorientasi proses, maka ISO 9001:2015 membutuhkan penerapan Siklus Deming – PDCA (Plan-Do-Check-Act).

Dalam hal ini fungsi dari diterapkannya sistem manajemen mutu ini untuk Perusahaan yang memiliki sistem jaminan kualitas dan mutu yang terstandarisasi internasional. Selain itu fungsi diterapkannya sistem menejemen mutu agar perusahaan yang memiliki sistem jaminan kualitas bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan maupun partner dan kualitas produk yang terjamin memiliki implikasi secara langsung ataupun tidak pada kepuasan pelanggan.

Sistem menejemen mutu juga bisa untuk penetapan risiko dan peluang yang dikaitkan dengan konteks dan sasaran organisasi serta untuk mencegah terjadinya kegagalan proses dan kerugian akibat terjadinya ketidaksesuaian mutu produk dan jasa dan Memiliki sertifikasi ISO 9001 mengharuskan adanya sistem yang terdokumentasi dengan baik di perusahaan.

Kepala Bidang Perindustrian Diskoperindag Kabupaten Lombok Utara, Abdul Mukhtar, S. Pd mengatakan bahwa konsep kedepan sentra akan bekerjasama dengan desa untuk objek wisata industri yang nantinya setiap dusun akan memiliki Ikm Kelapa. Sehingga nanti sentra akan jadi etalase produk-produk Ikm kelapa ketika ada tamu datang berkunjung maka akan di arahkan ke sentra tersebut.

“Sentra sudah mulai menerapkan hilirisasi industri, bahkan ada satu kelompok memiliki 5 hektar jadi bahan baku semua dari sentra. Seandainya kelompok lain menaikkan harga bahan baku tapi kelompoknya akan tetap stabil. Hanya saja tempat usaha kami belum terstandarisasi. Untuk kedepannya kami sudah siap secara bahan baku ketika sewaktu-waktu pemerintah membutuhkannya.” Tuturnya.

Kedepannya sentra akan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan menjadi ikhtiar bersama untuk IKM lebih baik.