10 Agustus 2022

KNEKS Jadikan Sate Rembige Goyang Lidah Sebagai Pilot Project

Komite Nasional Ekonomi dan keuangan Syariah (KNEKS) meninjau langsung perkembangan riset dan inovasi halal di Provinsi NTB. Mengingat Provinsi NTB menduduki peringkat ke dua Nasional (Naik Signifikan dari peringkat 15) dalam penghargaan Inovasi Daerah (Innovative Government Award) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Divisi Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Dr. Ginanjar Dewandaru mengatakan Sebelumnya telah mengikuti giat zoom oleh Tim KNEKS lalu turun untuk menindaklanjuti rencana yang dimana akan menjadikan sate rembige goyang lidah sebagai pilot projek di NTB pada hari Rabu (28/06/2022) dan tidak menutup kemungkinan ayam rarang juga akan di fasilitasi sertifikasi rumah produksi seperti di Cibinong.

Beliau melanjutkan bahwa Satu tim lagi yang akan bertemu langsung dengan Bapak Gubernur dan anggota DPR untuk pembentukan komite ekonomi daerah untuk mendukung rumah produksi yg di sertifikasi halal karena di NTB belum ada kawasan atau zona Halal.

Harapannya pada bulan agustus beberapa IKM sudah beroperasi berpusat pada satu rumah produksi. Selanjutnya bagi IKM tersebut akan kembali melakukan zoom meeting guna melengkapi dokumen-dokumen seperti SOP, BPOM, dan lain sebagainya. IKM yang terpilih harus sesuai dengan standar BPOM yang setelahnya akan diproses sertifikasi halalnya dan disahkan pada bulan Oktober.

Ini merupakan peluang berharga bagi IKM untuk terus tumbuh dan berkembang, kedatangan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menunjukkan keseriusan untuk mendukung IKM Goyang Lidah pada khusus.

Kerjasama dan semangat ini harus tetap dijaga menuju NTB Gemilang.