10 Agustus 2022

Branding Pariwisata Tingkatkan Promosi Produk Daerah

MATARAM-Pemprov NTB mendorong produk UMKM memperhatikan packing atau kemasan dan masa kedaluwarsa produknya. Dengan keberadaan Sirkuit Mandalika untuk Moto GP dan WSBK, pariwisata NTB makin dikenal. Sehingga ini nantinya akan menjadi satu nilai tawar yang didapatkan untuk meningkatkan level produk NTB.

”Dengan mengubah packing ke alumunium foil akan memiliki daya tarik terhadap produk tersebut,” contoh Kadis Perindustrian Provinsi NTB Hj Nuryanti. Dikatakan, tampilan produk akan mempengaruhi tanggapan pasar terhadap produk tersebut. ”Kedepan kita akan mendorong UMKM ke packing yang lebih menarik itu,” imbuhnya. ”Ada target kami oleh-oleh dalam kemasan bisa awet enam bulan. Jadi bisa dibawa wisatawan ke daerah asalnya dan menikmatinya keberagaman kuliner yang dimiliki NTB,” jelasnya.

Pariwisata kini menjadi salah satu sektor yang menjanjikan untuk dikembangkan. Sehingga UMKM harus meliriknya sebagai pasar potensial.

Ketua Asita NTB Dewantoro Umbu Djoka mengatakan, dalam dunia pariwisata semua saling memiliki keterikatan. Misalnya produk UMKM untuk mendukung untuk mengembangkan pariwisata. Sebaliknya, pariwisata juga mendukung pengembangan UMKM.

”Transportasi, akomodasi, kuliner, oleh-oleh, apa yang ada di tempat pariwisata, dan pendukung pariwisata lainnya satu kesatuan yang akan men-support berkembangnya pariwisata daerah ini,” terangnya.

Semua memiliki peran untuk memajukan pariwisata di NTB. ”Diharapkan bahu-membahu memajukan pariwisata yang ada di NTB,” kata dia. (nur/r9)