3 Juli 2022

Fasilitasi Perizinan Keberpihakan Disperin NTB Kepada IKM

Mewakili Kadisperin NTB, Kepala Bidang Sarpras (Lalu Siswadi Handayani, SE., M. Pd) hadir sebagai narasuber pada dialog Beranda Nusantara dgn topik UMKM – Usaha Maju Kita Mendunia pada hari Selasa 24 Mei 2022 jam 11.00 wita di studio Pro 1 RRI Mataram bersama dua narasumber lain dari pelaku usaha di NTB, Bq. Mardhiaty Mungguh (owner Zatu Rizka) dan Irma Firmana (owner Angkrela).

Pada kesempatan ini kabid Sarpras memaparkan Peranan pemerintah yang dilakukan untuk pelaku usaha di NTB, seperti Fasilitasi Sertifikasi Halal, Fasilitasi Sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Fasilitasi Standarisasi Test Report, Fasilitasi Standarisasi Industri Sertifikasi SNI, Fasilitasi Uji F0, Fasilitasi Uji Lab Produk, serta Fasilitasi Izin Edar.

Pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha melalui berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka, serta menggairahkan minat berusaha di kalangan masyarakat.

Pada dialog tersebut Kabid sarpras mengatakan “Hal ini merupakan bukti nyata keberpihakan pemerintah dalam memfasilitasi penyelenggaraan standarisasi sertifikasi untuk pelaku usaha di NTB”

Manfaat standarisasi dan sertifikasi adalah mendorong terciptanya produk berkualitas, memudahkan mendapatkan produk berkualitas, meningkatnya daya saing bagi para produsen, memberikan perlindungan bagi produk lokal. Standarisasi dan sertifikasi juga bisa memberi kemudahan dalam menerobos pasar lokal, regional maupun internasional.