3 Juli 2022

Rapat Koordinasi Nasional Sinkronisasi Pertumbuhan dan Pengembangan IKM

Hari Senin, 23 Mei 2022, bertempat di Hotel Santika Premiere Ambon, Maluku, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, SE., ME., didampingi Sekretaris Dinas Perindustrian Provinsi NTB Dra.Sri Irianti, Pejabat Fungsional Perindag Rahmat Reza Hamidy, ST., dan Pejabat Fungsional Perencana Asep Kurniawan S.Pt., Menghadiri Acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang bertema Sinkronisasi Program Penumbuhan dan Pengembangan IKM Tahun 2023.

Adapun Rakornas tersebut di buka langsung oleh Ibu Dirjen IKMA, dan dihadiri oleh Sekda Maluku, Ketua DPRD Maluku, dan kepala Dinas Perindustrian se Provinsi Indonesia, Diskoperindag Kabupaten Mota se-provinsi Maluku, atau pejabat yang mewakili dari 34 Provinsi yang berjumlah sebanyak 102 peserta.

Beberapa hal yang ditekankan pada rakor ini adalah pertama, kegiatan yang dilaksanakan daerah harus fokus pada pengembangan IKM mengingat keadaan fiskal secara nasional yang mulai berkurang. Kedua, penggunaan produk dalam negeri yang bersinergi dengan industri kecil dan industri besar. Ketiga, Menumbuhkan wirausaha baru, penumbuhan IKM, dan peningkatan IKM (IKM naik Kelas). Keempat, updating data IKM disetiap provinsi. Kelima, sinergi dengan semua pihak dalam penumbuhan industri dan penguatan industri. Keenam, diharapkan IKM menggunakan teknologi untuk kemajuan produk dan pemasaran sebagai bentuk pengimplementasian industri 4.0.