3 Juli 2022

Organisasi Kepemudaan Menyambuat Baik NTB Halal Industrial Park.

Sebagai terobosan terbaru, terhadap industrialisasi di Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat telah menandatangani Peraturan Gubernur, Tentang Industrial Park di Kantor Dinas Perinsdustrian Nusa Tenggara Barat pada Jumat, 20 Mei 2022.Pengurus baru, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Pengurus Daerah Mataram yang akan sebentar lagi dikukuhkan di pelantikan untuk menjadi pengurus periode 2022 menyambut baik hal tersebut.

Sebagai rangkaian acara pelantikan, KAMMI mengadakan Diskusi Publik yang diselenggarakan melalui Zoom Metting pada jumat, 20 Mei 2022 dengan tema “Meneropong Masa Depan Industri Halal NTB, Sejauh Mana Kesediaan SDM Kita”.

Melihat terobosan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, KAMMI Daerah Mataram, mendukung apa yang menjadi terobosan pemerintah di bidang industri halal.
Tidak hanya datang sebagai program saja, namun ini semua, harus bisa berdampak terhadap, perkembangan industrialisasi dan perkembangan ekonomi di NTB.

Dalam pengembangan halal industrialisasi park ini, setidaknya didukung oleh potensi ketersediaannya bahan baku, pada sektor perikanan, perkebunan dan peternakan. Serta didukung dengan transportasi, telekomunikasi informasi dan ketersediaan pergudangan.
Sejauh ini, setidaknya ada empat kabupaten, yang menjadi lokasi pembangunan tahap awal “Sampai saat ini, kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Bima,” kata Hj. Nuryanti selaku Kepala Dinas Perindustrian NTB.

“Masing-masing lokasi tersebut, Pemerintah sudah menyiapkan lahan sebayak 5 hektar. masyarakat dan UMKM tinggal menggunakan dan menikmati saja,” lanjutnya.
Selain hal tersebut, NTB juga sudah menjadi tontonan dunia, telah menggelar perhelatan dunia, pada MotoGP pada bulan Maret kemarin, dan akan disusul pada perhelatan MXGP pada tahun yang sama. Hal tersebut dijadikan ajang promosi, untuk pengembangan program industri halal ini.

Tidak hanya sampai disitu, pemerintah juga melibatkan perguruan tinggi, dalam proses pembangunan Halal Industrial Park ini “Mahasiswa juga kita libatkan untuk pembangunan ini, karena memiliki potensi dan kreatifitas serta bisa melihat peluang masa depan di bidang industri,”.

Akademisi Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Mataram, M. Firmasyah. Memberikan sinyal positif terhadap program ini, dengan mengajak mahasiswa, untuk terlibat dalam pembangunan halal industri di Indonesia “Dengan pergaulan dan relasi yang luas, mahasiswa yang sudah memiliki unit usaha, sudah saatnya untuk menjual bahan industri, yang memiliki nilai harga yang tinggi dan tidak menjual barang mentah lagi,” pesannya.

“Sebagai bangsa yang mayoritas beragama muslim, sudah saatnya kita menunjukkan program industrialisasi halal ini kepada dunia,” lanjutnya.Ketua KAMMI Pengurus Daerah Mataram, Irwan. menegaskan akan tetap mengontrol proses berjalannya program ini, karena sebagai organisasi yang bergerak pada keagamaan, menjadi tanggung jawab penting bagi kami, untuk tetap mengawal industri halal ini “Selama program ini penting bagi pembangunan, kami akan selalu mendukungnya. Dan kami akan terus mengikuti perkembangan yang terjadi,” ungkapnya di tempat terpisah.

industrialisasi

NTBgemilang

DariNTBUntukIndonesia