3 Juli 2022

Membuka Dialog Terbuka NTB Halal Industrial Park, Gubernur NTB: Harapkan Komplek Industri yang Mudahkan Perizinan Halal

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc membuka secara resmi agenda Temu Mitra “Konsultasi Publik Roadmap NTB Halal Industri Park” tahap I yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB pada hari Selasa, 26 April 2022 di Hotel Prime Park, Mataram. Menurutnya NTB Industrial Halal Park ini dibangun dengan harapan untuk memudahkan para pelaku IKM dalam melakukan perizinan halal.

“Nanti HIP ini akan jadi satu kompleks industri yg memudahkan izin halal di dalamnya. Minimal kalau mau ekspor gampang dapat sertifikat halal.” Tuturnya

Selain itu, menurut Bang Zul Dengan adanya NTB HIP nantinya mempermudah pelaku industri dalam mendapatkan pembiayaan perbankan syariah. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuat roadmap HIP NTB sesimple mungkin. Roadmap yang nantinya akan mampu menjadi pedoman yang menggerakkan dan menghasilkan feedback yang kontruktif.

“Saya sangat optimis, Bu Yanti bisa melakukan ini dengan baik. Yang terpenting roadmap ya Jangan dibuat ribet dulu, sehingga orang yang akan menjadi pengunjung dan pelaku akan senang disitu. Baik secara lahir maupun batinnya.” Tambahnya.

Selanjutnya Gubernur berpesan untuk membangun dialog dialog awal terus menerus dilakukan, agar peta jalan tersusun dengan baik, dan menghadirkan antusiasme dan semangat dalam membangun NTB HIP kedepannya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dalam sambutannya mengatakan Roadmap ini dibuat dengan tahapan tahapan untuk kefahaman bersama terkait kebijakan pemerintah, termasuk investor agar diketahui.

Draft pergub ini di konsultasikan oleh publik tahap I bertujuan mendapatkan saran dan masukan yang terpadu dengan melibatkan stakeholder lintas OPD hingga lintas kementrian.

Kegiatan hari ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat kelulusan Barista Jabar-NTB Connection yang mengikuti sertifikasi di Jawa Barat beberapa waktu lalu.