3 Juli 2022

16 IKM Binaan Disperin NTB Turut Eksis Dalam Ceremony Of Y20 Indonesia 2022

16 IKM Binaan Disperin NTB Turut Eksis Dalam Ceremony Of Y20 Indonesia 2022

Setelah sukses Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 1nd pre-Summit di Kota Palembang, Sumatera Selatan dengan topik “pembahasan ketenagakerjaan pemuda” pada 19-20 Maret 2022 lalu. kini Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 2nd pre-Summit selanjutnya diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan Mengulik topik terkait Digital Transformation

Y20 merupakan sebuah forum bagi para pemuda untuk mendiskusikan isu-isu nasional yang kemudian dapat disampaikan kepada para pemimpin.

Pre-Summit Y20 juga akan diselenggarakan di sejumlah kota lain di Indonesia, Balikpapan, dan Manokwari. Sedangkan puncak Y20 akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022.

Kepala Bidang Kerjasama, Pengawasan dan Promosi Industri Dinas Perindustrian Prov. NTB Dra.Ely Suryani, M.Pd, Kepala Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri Lalu Luthfi, ST., M.Si, dan Pejabat Fungsional Pembina Industri Ety Hartati, S.Si. Menghadiri Pembukaan acara Y20 Indonesia 2022 2nd pre Summit NTB Bertempat di Grand Ballroom Merumatta-Senggigi Kab. Lombok Barat.

Pada Kesempatan ini Dinas Perindustrian Prov. NTB mengikut sertakan 16 IKM binaaanya untuk ikut serta dalam pameran Y20, untuk memperkenalkan produknya kepada delegasi nasional maupun internasional. Tentu merupakan momentum yang tepat bagi IKM NTB untuk memperkenalkan produk-produk lokal terbaiknya.

Pemprov NTB Melalui Dinas Perindustrian Prov. NTB mengkurasi IKM guna mempersiapkan IKM-IKM Binaannya untuk mengikuti pameran Y20. 16 IKM yang Lulus proses Kurasi diantaranya; 4 IKM Kopi, 4 IKM Mutiara, 2 Kuliner Legend, 4 IKM Tenun. 2 IKM Alas Kaki NTB

Sebelumnya IKM-IKM yang terpilih ini sudah pernah mendapatkan Pendampingan maupun pelatihan dari Bidang Pembangunan Sumberdaya Indutri Dinas Perindustrian Prov. NTB.

“Event ini merupakan salah satu event yang sukses melirik para delegasi dari berbagai negara untuk mencoba kopi NTB, saya sangat bangga sekali dapat menyajikan kopi para delegasi. Kami juga menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya telah dibina dan diberikan kesempatan oleh Dinas Perindustrian NTB” ucap pak Mukarram salah satu IKM jebolan Setifikasi Barista Asean.

Selain itu Tim Dinas Perindustrian juga Bekerjasama dengan Wardah cosmetik yaitu Brand Kosmetic yang sudah sejak lama dipercaya wanita indonesia menjadi brand cosmetik Halal Indonesia, menyerahkan Souvenir untuk delegasi dari nasional dan internasional.

Acara Y20 Indonesia 2022 2nd pre Summit NTB dihadiri oleh delegasi dari negara-negara anggota G20 resmi dibuka oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah S.E., M.Sc.

Dalam Pidato nya Dr. Zul menyampaikan rasa Syukur dan Ucapan Terimakasihnya atas diselenggarakannya kegiatan Y20 Indonesia 2022 2nd pre Summit NTB. NTB merupkan Salah satu yang terpilih untuk menjadi tuan rumah. Beliau mempersilahkan Kepada Pemuda forum yang mempunyai kompeten, berwawasan dan inovatif untuk kemajuan menata masa depan bukan hanya lokal tapi nasional.

Pembukaan kegiatan Dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Jonny G.Plate Menteri Komunikasi Informatika, Erick Thohir Menteri BUMN secara virtual

Dalam Y20 ini, tiga Menteri dari Indonesia kompak mendorong para pemuda untuk dapat merumuskan rekomendasi-rekomendasi penting untuk mendukung kemeretaan akses internet untuk seluruh dunia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali dalam pidato Virtualnya beliau menyampikan bahwa Digital Transformation Harus didukung menggunakan kemudahan internet. dengn cara mendukung perluasan jaringan internet, agar lembaga yang berkaitan dengan keuangan dapat mengadakan kegitan yang dapat mendukung kemudahan dalam bedigitalisasi.

Disesi selanjutnya Jonny G.Plate Menteri Komunikasi Informatika mengatakan agar pemuda semakin eksis dengan memperkaya Kreativitas, kolaborasi dan juga kemampuan memecahkan masalah merupakan nilai penting yang perlu tanamkan. Dengan berkaca pada gurita bisnis seperti Alibaba, Google san juga microsoft.

Disesi terakhir Erick Thohir selaku Menteri BUMN dalam Kehadirannya secara virtual menyampaikan pemuda harus menjadi agent of change dan harus berani mencoba hal baru
Merupakan prinsip yang sangat digalakkan khususnya untuk mematik api semangat para pemuda. Karena ketika menyandang gelar sebagai agent of change atau agen perubahan dimana pemuda sebagai sosok yang membawa sekaligus merubah suatu tatanan ke arah yang lebih baik lagi.