3 Juli 2022

UD Cahya Langit, IKM NTB yang Ekspor VCO ke Singapura

UD Cahya Langit merupakan IKM pengolah Bahan Baku Kelapa menjadi VCO (Virgin Cocunut Oil) yang berlokasi di Desa Sandubaya, Kec. Selong. Pak Shofian dan ibu Setiawati adalah suami istri yang bertahan hidup dari berjualan VCO, sebelum Covid-19 mereka mampu memproduksi lebih dari 1000 liter produk VCO. Produknya banyak di minati diluar daerah bahkan luar negeri, terutama Singapura.

Namun karena terkendala Covid-19, mereka memproduksi sesuai pesanan dari langganan lama. Kendala nya juga adalah Harga Bahan Baku yang menyentuh angka Rp. 5000 per biji. Pernah suatu saat, ada pesanan dari luar negeri 3 Ton VCO, tapi karena harga bahan baku lumayan tidak menutupi modal. Akhirnya pesanan tidak di terima.

Kali ini Pejabat Fungsional Pembina Industri, Asta Nugraha, MM beserta tim data Dinas Perindustrian melakukan survey ke IKM UD. Cahya Langit pada hari Jumat, 22 April 2022. IKM tersebut memiliki alat produksi yang lengkap hasil dari buatan dan kreatifitas sendiri.

Tim data juga mensosialisasikan untuk pengisian SIMANIS agar masuk kedalam data base IKM NTB. Asta juga menyampaikan kepada Shofian selalu owner bahwa Dinas Perindustrian NTB sedang berusaha memetakan IKM-IKM pengolah bahan baku kelapa untuk membentuk ekosistem nya. Dan IKM Shofian akan ikut terlibat dalam ekosistem ini.