3 Juli 2022

BKPD NTB Lakukan Sinkronisasi dan Sosialisasi E-KDMK ke Diskoperindag Kabupaten Sumbawa

Event Internasional MXGP yang akan diadakan di Kab. Sumbawa NTB menjadi sorotan banyak orang, terutama para pelaku usaha (IKM) yang ada di Sumbawa. Bagaimana tidak? Event yang mengundang banyak tamu dunia ini tentu menjadi peluang terbesar bagi para IKM Sumbawa memperkenalkan produknya.

Untuk itu , Dinas perindustrian melalui Balai Kemasan Produk Daerah NTB siap berkontribusi dalam mengsukseskan event tersebut. Dalam hal ini, Kepala Balai Kemasan Aryanti Dwiyani, M.Pd bersama Kasubbag TU Hj. Airlina Maya Sugiartini, SE., Kasi Diklat dan Promosi Heldy Sardianto, ST., M.M.Inov., dan Staf Puput dan Wisnu berkunjung ke Diskoperindag Sumbawa dalam rangka Sinkronisasi dan Sosialisasi E-KDMK yang disambut langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumbawa Riki Trisnadi, SE., M.Si., Kabid Perdagangan Iwan Setiawan  S.P., M.Si., Kabid Koperasi UKM M. Ali, S.Sos., M.M., dan Staf perindustrian Ibu Heny bertempat di ruang rapat Kadiskoperindag Sumbawa pada hari Jumat, 22 April 2022.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk memperkenalkan UPTD Balai Kemasan Produk Daerah NTB dan akan melakukan pendampingan kepada IKM untuk kemasan steril,  memperkenalkan Platform E-KDMK dan membahas terkait kuliner Legend.

“Kemasan steril bagi pangan olahan ini bertujuan agar masa simpan produk dapat bertahan lebih lama” ungkap Heldy.

Platform E-KDMK merupakan pilot project kemenperin sebagai aplikasi pendukung kemudahan akses IKM dengan rumah kemasan/Balai Kemasan pada masing-masing daerah dalam proses pemesanan “Kemasan”. Kepala Balai juga menyampaikan Platform E-KDMK ini memberikan kemudahan bagi IKM yang ada di Sumbawa dalam pemesanan desain/kemasan.

Harapannya dengan kegiatan ini IKM lebih terbantu dan produk-produknya mampu bersaing dipasaran. Ayo dukung IKM lokal, berdaya saing global untuk NTB Gemilang.