10 Agustus 2022

Gelar Startup4industry, Kemenperin Dorong Implementasi Teknologi bagi IKM

Sehubungan dengan implementasi Making Indonesia 4.0, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka menyelenggarakan program Startup4industry untuk menumbuhkan startup berbasis teknologi yang dapat mendorong implementasi teknologi bagi IKM serta membangun ekosistem inovasi teknologi. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018, dimana sebanyak 723 startup telah turut berpartisipasi dalam kompetisi ini dan menghasilkan 73 finalis kompetisi serta 35 proyek implementasi. Sebanyak 49 hubungan bisnis antara startup dan IKM juga telah berhasil terjain melalui program ini. Pada tahun 2022, Startup4industry mengusung tema “Inspiring Industry Transformation” dengan visi mewujudkan dan menyebarkan suksesi transformasi teknologi di industri memanfaatkan solusi dari tech startup Indonesia. Dengan berbagi success story, diharapkan akan menginspirasi industri dan masyarakat untuk segera memulai perjalanan transformasi teknologi dimana tujuan akhirnya adalah peningkatan daya saing, nilai tambah, serta efisiensi sektor industri.

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, SE., ME Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Dinas Perindustrian NTB Lalu Luthfi, S.T., M.Si dan Pejabat fungsional Pembina Industri Yana Mulyana, ST mengikuti kegiatan Webinar Nasional “Inspiring Industry Transformation” dan pembukaan rangkaian program Startup4Industry 2022 secara daring melalui aplikasi Zoom. Selasa 19 April 2022.

Seminar Nasional ini membahas capaian tech startup Indonesia dalam membantu transformasi teknologi di industri, potensi tech startup Indonesia untuk merambah pasar luar negeri, perkembangan peran teknologi industri 4.0 dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan perbaikan berkelanjutan

Webinar dibuka oleh Menteri Perindustrian RI diwakili oleh Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian RI (Ir. Dody Widodo) melalui sambutan dan pembukaan webinar Nasional “Inspiring Industry Transformation”.
Dilanjutkan dengan penjelasan tentang program Startup4Industry 2022 oleh Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Reni Yanita) yaitu salah satu program Kementerian Perindustrian berupa kompetisi untuk StartUp disektor teknologi dan green energy untuk mendukung dan menginspirasi gerakan industry 4.0, program ini juga mewadahi para startup menjalin relasi dengan mitra startup lain sebagai tahap penerapan industri 4.0

Kemudian, startup dan mitra yang berhasil lolos kompetisi Startup4Industry 2022 ini secara kontinyu akan terus mendapatkan dampingan dan pembinaan langsung oleh Direktorat Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka

Dilanjutkan oleh diskusi dengan Startup dan mitra yang sudah pernah mengikuti Startup4Industry pada tahun lalu untuk menceritakan dan memaparkan pengalaman dan hasil yang didapatkan dari program Startup4Industry ini.
Kemudian, pemaparan materi oleh Kedubes Belanda (Joost Nuijten) tentang kolaborasi perusahaan startup Indonesia dengan perusahaan startup Negara Belanda yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan. Sejauh ini perusahaan startup yang sudah berkolaborasi sebanyak 10 startup Indonesia dan lebih dari 20 startup dari negara Belanda.

Terakhir, program Startup4Industry 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian ini bertujuan mengajak dan menjaring perusahaan-perusahaan startup di Indonesia untuk berkompetisi dan atau menjadi mitra dan berkolaborasi sebagai penerapan teknologi industri 4.0 di Indonesia.