10 Agustus 2022

Disperin NTB Dukung IKM Pemben Aji menjadi Desa Sentra Tembakau

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, didampingi Pejabat fungsional Pembina Industri Retno Bintorowati A.md Gizi., S.Pd, Nuraida Fitriani, S.T beserta Staff bidang Moh. Ridho Apriyanto melakukan kunjungan inisiasi ke IKM Pemben Aji calon desa pengolah tembakau di Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah pada hari Senin 18 Maret 2022. IKM Pemben Aji Desa Semoyang yang bergerak dalam Usaha tembakau rajang pernah mendapatkan bantuan alat blending dari Dinas Perindustrian NTB.

Kunjungan Tim Disperin NTB bersama Owner IKM Pemben Aji

Mengingat Tembakau adalah salah satu komoditas unggulan NTB, Pemprov NTB melalui Dinas Perindustrian NTB Mendukung IKM Pemben Aji Desa Semoyang menjadi sentra tembakau untuk mengembangkan industri tembakau di NTB dengan memberdayakan remaja di sekitarnya menjadi salah satu opsi terbaik dalam mendukung pembangunan daerah NTB.

Pembangunan Sentra Tembakau

Kunjungan ini juga sekaligus meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat produksi dari Tembakau rajang menjadi Tembakau Iris TIS. Untuk itu IKM Pemben Aji akan melakukan study ke IKM Kijang Rinjani. Selain mengolah tembakau rajang kedepannya IKM Kemben Aji berencana Pengolahan batang tembakau, limbah batang tembakau potensial sebagai pestisida dan bahan kompos. Upaya pengolahan limbah tembakau tersebut agar resiko berbahaya dapat dikurangi dengan menerapkan konsep pertanian yang ramah lingkungan.