6 Desember 2022

Disperin NTB Siapkan Suvenir Produk Lokal untuk Delegasi Y20

Youth 20 (Y20) merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog. Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Pada tanggal 23 sd 25 April 2022 mendatang, NTB akan menjadi tuan rumah acara Y20 (Youth 20). Oleh karenanya Pemprov NTB terus berbenah menggalang kekuatan untuk mempersiapkan acara tersebut. Rabu, 13 April 2022, Dispora Provinsi NTB selaku penanggung jawab acara menggelar Rapat persiapan yang dipimpin oleh Wakil Gubernur NTB dan Sekretaris Daerah. Rapat tersebut juga dihadiri panitia pusat dan daerah, OPD dan Mitra. Di antaranya Ketua BI, Perwakilan OJK, Perwakilan Bank NTB Syariah, perwakilan Gojek dan OPD lingkup Pemprov. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur NTB, Dr. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd menghimbau kepada seluruh OPD dan Mitra untuk mempersiapkan sebaik mungkin kebutuhan-kebutuhan selama berlangsungnya acara.

“Mari kita bahu membahu, saling mendukung untuk suksesnya acara ini. Event ini adalah kesempatan kita untuk terus menunjukkan diri dan memperkenalkan NTB lebih luas lagi. Dan menunjukkan bahwa NTB bisa bangkit dan optimis. Sekali lagi, kita harus bangkit dan optimis untuk NTB maju dan gemilang.” Ungkap Bu wagub penuh semangat.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME. juga turut hadir dalam agenda yang bertempat di Aula Sangkareang Kantor Gubernur NTB ini. Ia menyampaikan terkait pentingnya momen ini untuk sarana pengenalan produk lokal. Apalagi tema yang diusung dalam agenda G20 ini adalah “Recover Together Recover Stronger” atau Pulih Bersama dan Lebih Kuat. Di mana ada enam agenda prioritas yaitu exit strategy (jalan keluar) untuk mendukung pemulihan yang adil, pembahasan scarring effect (dampak pandemi) untuk mengamankan pertumbuhan masa depan, Sistem Pembayaran di Era digital, Keuangan Berkelanjutan, Inklusi Keuangan: Digital & UMKK, dan Perpajakan Internasional.

“Agenda Y20 yang menghadirkan delegasi dari nasional dan internasional ini tentu adalah momentum bagi NTB untuk memperkenalkan produk-produk lokal terbaiknya. Sesuai dengan arahan Bu Wagub, Bersama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi & UMKM kami siap untuk menyiapkan souvenir dan oleh-oleh produk lokal NTB kepada para delegasi yang hadir, di antaranya kopi, madu, dan gula aren.” Ungkap Nuryanti. (Ki)