10 Agustus 2022

IKM NTB Belajar Kemasan Steril di Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB

KM Gabin Durian Ermayanti dari KSB dan Minasari (Tahu Bakso) dari Mataram belajar praktek kemasan steril didampingi oleh Kasi Diklat dan Promosi Heldy Sardianto, ST., M.M.Inov., dan Dra. Hafsah bertempat di kantor UPTD BKPD NTB pada hari Rabu, 30 Maret 2022.

Praktik pengemasan steril ini dilakukan secara gratis. Menurut Heldy, keluhan gabin durian yang hanya bertahan 4 hari, sehingga diminta untuk dikirim produknya agar bisa dikemas dengan steril. Sementara IKM Frozen Tahu Bakso juga kesusahan ketika tidak dengan kemasan steril, karena berharap menjangkau pasar hingga luar daerah bahkan nasional.

Proses pengemasan

Saat melakukan praktik pengemasan steril kedua IKM antusias dan semangat mengupgrade produknya dalam kemasan. Ermayanti selalu IKM Gabin Duren menyampaikan ucapan terimakasih sudah didampingi dan mendapatkan ilmu baru tentang kemasan steril.

“Berterimakasih karena kami diperkenalkan dengan mesin mesin yang canggih sehingga memudahkan proses kemasan dan produk kami bisa bertahan lama.” Tuturnya

Menggunakan alat kemasan steril

Teruntuk IKM lain yang ingin belajar proses kemasan steril, bisa mengunjungi Balai Kemasan Produk Daerah dengan membawa produknya yang berpotensi bisa dikemas secara steril.

Semoga ilmunya bermanfaat, tetap dipraktekkan dan dikembangkan, kedepannya IKM NTB bisa maju melesat go global.