3 Juli 2022

Dorong kolaborasi antara SMK dengan Industri

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, menghadiri Kegiatan Penyelarasan dan Sosialisasi Peta Jalan Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sosialisasi melibatkan Instansi Lintas Sektor tekait Serta Perwakilan Bidang Keahlian SMK Se-Nusa Tenggara Barat, kegiatan Ini diselenggarakan oleh Dinas Dikbud Prov. NTB Senin, 28 Maret 2022 Bertempat di Hotel Lombok Garden.

Dalam Kesempatan Tersebut Beliau memaparkan 6 Sektor Industri Prioritas yaitu Sektor prioritas yang didorong dalam proses industrialisasi seperti sektor pangan, hulu agro, permesinan dan alat transportasi, alat kosmetik dan farmasi, pertambangan, dan ekonomi kreatif.

Selanjutnya, menerangkan beberapa IKM-IKM yang terdata dan dibina oleh DISPERIN Prov. NTB yang kini banyak menyerap tenaga kerja.

Ini merupakan bentuk dukungan dunia industri terhadap pendidikan SMK yang berorientasi pada pasar kerja sebagai upaya menciptakan lulusan yang akan menciptakan lapangan kerja maupun lulusan siap kerja. kini banyak Lulusan SMK yang dipekerjakan UMKM maupun yang sudah memiliki usaha sendiri, saat ini SMK Menyadi Lulusan dengan Pengangguran Terendah di NTB. Hal ini merupakan bentuk dukungan dunia industri terhadap pendidikan SMK yang berorientasi pada pasar kerja sebagai upaya menciptakan lulusan wirausaha Baru maupun mengisi lowongan kerja di NTB. Dengan demikian industrialisasi terus meningkatkan nilai tambah dan memicu geliat perekonomian di NTB

mendorong kolaborasi antara SMK dengan industri disekitarnya juga memberikan dampak besar bagi Industri Kedepannya.

Pertemuan ini ditutup dengan hasil beberapa rekomendasi tindak lanjut oleh para peserta dalam rangka membangun SMK Dengan cara memperbanyak kolaborasi dengan stakeholder.