3 Juli 2022

20 IKM Kopi Kabupaten Bima Tingkatkan Kemampuan Produksi Olahan Kopi

Dalam rangka pelaksanaan program Penumbuhan dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah untuk mendukung pengembangan industri di Destinasi Wisata Mandalika, Direktorat Industri Kecil dan Menengah Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan akan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Produksi Olahan Kopi yang akan berlangsung selama empat hari dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang Perwakilan IKM kopi dari Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Bimbingan Teknis Produksi Olahan Kopi di Kab. Bima Kamis, 24 Maret 2022 bertempat di Hotel Marina Inn.

Dalam sambutanya Beliau menyampaikan selamat kepada 20 orang Peserta terpilih yang mengikuti Bimbingan Teknis Produksi Olahan Kopi, beliau berharap agar peserta benar-benar fokus dan memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin, Selain IKM yang memproduksi Olahan Kopi, tentunya kegiatan ini berdampak baik bagi Petani Kopi Karena Bima dikenal Sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, yaitu kopi “Tambora” mempunyai ciri khas dan aroma yang berbeda dari kopi lain, tentunya pengembangan olahan kopi di Kabupaten Bima jelas menjadi perhatian yang Lebih. Perbaikan tata kelola kopi harus terus dijalankan dengan meningkatkan Sumberdaya Manusianya, yang nantinya dapat menghasilkan kualitas kopi yang baik serta dapat memahami teknik roasting kopi secara baik dan benar.

Selain itu Untuk mendukung IKM Kopi di Kabupaten Bima Direktorat Industri Kecil dan Menengah Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan akan melakukan serah terima dua unit peralatan roasting kopi kepada para IKM kopi Kabupaten Bima, ini merupakan Upaya yang dilakukan Pemerintah agar IKM Kopi Kabupaten Bima kedepannya dapat memasifkan perekonomian masyarakat NTB menuju NTB Gemilang.