25 Juni 2022

Upgrade Kompetensi IKM di KLU, BKPD Berikan Praktik Pengemasan

Bagi IKM NTB, menghasilkan produk olahan terbaik tentu menjadi tujuan. Namun. tentu saja, tidak boleh melupakan satu hal prinsip, bahwa produk terbaik tentu juga harus dikemas dengan cara dan metode yang baik juga. Bahwa dijaman yang sangat dinamis saat ini, kemasan produk tidak lagi hanya menjadi sekedar penghias produk olahan, namun lebih jauh, berbicara kemasan adalah bicara tentang sterilisasi dan higienitas produk olahan tersebut.

Berdiskusi secara asyik, tentang pentingnya dan manfaat kemasan bersama kawan2 IKM dari Lombok Utara menjadi agenda Balai Kemasan Produk Daerah, Rabu, 09 Maret 2022, bertempat di Living Area Resort & Spa. Dihadiri oleh Mas Heldy Sardianto, ST., M.M.Inov selaku Kepala Seksi Diklat Dan Promosi BKPD Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Dalam kegiatan yang diberi judul Pendidikan Kreatifitas Inovasi Dan Kewirausahaan Bidang Ekonomi Kreatif Bagi Siswa Dan Masyarakat Di Kabupaten Lombok Utara, disampaikan banyak hal terkait dengan detail-detail kemasan produk olahan sebagai strategi meningkatkan daya saing produk IKM NTB.

Heldy Sardianto, ST., M.M.Inov selaku Kepala Seksi Diklat Dan Promosi BKPD Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Dulu, kemasan produk olahan sering diasumsikan sebagai pemanis atau penghias produk. Paradigma tersebut tentu saja sudah berubah jauh, bahwa kemasan produk olahan yang baik tentu akan sangat menentukan mutu dan kualitas produk olahan itu sendiri. Untuk mewujudkan cita-cira besar UMKM NTB Go Internasional, maka peran penting kemasan dalam membungkus sebuah produk olahan tentu saja tidak bisa dipandang sebelah mata. Menanamkan pemahaman baik tersebut kepada sleuruh IKM NTB khususnya di sektor kuliner tentu menjadi tugas kita bersama. Tidaklah mungkin produk olahan NTB akan mampu bersaing dan berkeliling dunia jika tidak dikemas dengan baik sehingga tidak mengurangi rasa dimanapun mereka nanti akan berada.

Untuk membangun pemahaman yang baik tersebut, kegiatan ini pun diisi dengan praktek pengemasan menggunakan alat vacum dan sealer. Praktek pengemasan secara sederhana ini sangat menarik perhatian para IKM Kabupaten Lombok Utara yang terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Keinginan untuk terus mengupgrade kompetensi IKM khususnya dalam pengolahan produk mereka menjadikan suasana kegiatan menjadi ramai oleh canda dan tawa para peserta. tentu saja, dengan tidak mengurangi keseriusan peserta dalam mengawal tertibnya acara. Keren.

Semangat belajar ya kawan-kawan IKM NTB, Berdiskusi dimana saja dan kapan saja. Karena ilmu jelas tidak mengenal usia. Apalagi jika spirit produk IKM NTB go global terus digelorakan, maka upgrade skill untuk melakukan pengemasan dengan standar yang higienis jelas menjadi sebuah alternatif pertama. Karena kemasan adalah segalanya, Tanpa memperhatikan hal tersebut, bisa jadi semua usaha akan sia-sia. So, mari bergerak bersama, menuju NTB Gemilang.