25 Juni 2022

Pemprov Jabar dan Pemprov NTB Bersinergi untuk Pengembangan UMKM

Pagelaran Moto GP yang segera akan berlangsung di NTB mengundang banyak pihak untuk terlibat. Tak terkecuali tim Pemprov Jabar yang melakukan kunjungan kerja ke NTB dalam rangka persiapan pelaksanaan Moto GP di NTB. Kehadiran Pemprov NTB yang berminat membuka stand produk UMKM Jabar dalam pagelaran Moto GP tentu harus disambut dengan baik oleh Pemprov NTB. Belajar bersama, antara Jawa Barat dan NTB, di sela pagelaran Moto GP, tentu akan sangat menyenangkan. Implementasi Jabar – NTB Connection, antara kedua Provinsi yang sama-sama mengusung nama Barat.

Keikutsertaan tim Pemprov NTB, disampaikan langsung oleh tim Jabar yang melakukan kunjungan kerja ke NTB dan diterima oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME, Selasa, 08 Maret 2022. Koordinasi ini ditindaklanjuti oleh Kepala Bidang Kerjasama, Promosi, Pengawasan Dan Investasi Industri, Dra. Hj. Ely Suryani, M.Pd dan pejabat fungsional Ety Hartati, S.Si. Penentuan lokasi untuk stand tim Jawa Barat disepakati berada di areal Sirkuit Mandalika – NTB. Sebagai bagian kerjasama, tim Pemprov Jabar membuka ruang bagi produk UMKM NTB untuk dapat ikut serta dalam berbagai event nasional yang akan diselenggarakan oleh Pemprov Jabar.

Hal yang sama, disampaikan oleh tim Pemprov Jabar dalam audiensi yang dilakukan ke Pendopo Gubernur NTB, yang diterima oleh Mbak Luthfiya, Staf Khusus Gubernur NTB untuk program Jabar – NTB Connection. “Kolaborasi ini tidak hanya sampai pada saat event Moto GP Mandalika saja Akan tetapi kolaborasi ini akan berlanjut sampai kapanpun di event-event besar di NTB kedepan, Jika sekarang NTB mengundang Jabar untuk event MotoGp Mandalika, next Jabar juga akan mengundang NTB pada event-evet besarnya berikutnya mendatang” tutur Sri Pujiyanti dari Tim Akselerasi Pembangunan Jabar, dalam pertemuan tersebut, Selasa, 08 Maret 2022, di aula Pendopo Gubernur NTB. Dalam pertemuan tersebut, disampaikan juga oleh perwakilan Pemprov Jawa Barat, bahwa produk UMKM NTB yang terkurasi dan memenuhi syarat dapat bergabung dalam gerai produk UMKM di Pusat Industri Kreatif Pemprov Jabar (IKEA) di satu lantai khusus yang diberi nama Teras Indonesia.

Foto bersama stafsus gubernur NTB dan tim Jabar

Tawaran baik tersebut tentunya mendapat atensi positif dari Mbak Fia, demikian panggilan akrabnya. “Pemprov NTB sangat berterima kasih atas peluang yang ditawarkan oleh Pemprov Jabar, untuk mendukung promosi produk UMKM NTB di wilayah Jawa Barat. Dan terkait keikutsertaan UMKM Jawa Barat dalam pagelaran Moto GP Mandalika, tentu saja Pemprov NTB membuka pintu yang selebar-lebarnya”, demikian disampaikan Mbak Fia dalam audiensi yang berlangsung hangat tersebut. Pertemuan bilateral antara kedua belah pihak tersebut tentunya menjadi peluang besar yang harus dioptimalkan oleh kawan UMKM NTB untuk terus berbenah diri. Point kesepakatan antara Pemprov Jabar dan Pemprov NTB dalam mendukung pengembangan UMKM di kedua wilayah harus disambut dengan pembenahan di sektor UMKM NTB agar lebih mampu berdaya saing dan terus meningkatkan nilai tambahnya.

Pertemuan antara tim Jabar dan tim Disperin NTB sudah mencapai kata sepakat. Begitupun dengan pertemuan antara tim perwakilan Pemprov Jabar dengan perwakilan tim Pemprov NTB. Peluang baik sudah digagas, namun diatas segalanya, adalah kesiapan UMKM NTB untuk masuk ke pasar yang lebih besar, Jawa Barat. Pembenahan dan perbaikan tentu harus menjadi perhatian utama. Evaluasi menyeluruh dari seluruh pihak terkait, terutama OPD Disperin NTB harus menjadi penjabaran rencana kerja pengembangan sektor UMKM ke depan. Membangun peluang adalah baik, namun menyiapkan diri untuk menyambut peluang tersebut tentunya harus terus dilakukan. Pertanyaan paling krusial yang juga harus menjadi perhatian adalah, jika Provinsi Jawa Barat, membuka ruang yang begitu besar atas produk UMKM NTB, bagaimana dengan masyarakat NTB? Sebesar apa ruang yang kita berikan untuk produk buatan saudara-saudara kita sendiri, dari bumi NTB tercinta.

So, mari kawan-kawan UMKM NTB, bersiap siap ya, menyambut pasar Jawa Barat. Tingkatkan pengetahuan, persiapkan diri dengan matang, menuju pasar yang lebih luas. Jika bersama, semua pasti bisa, menuju NTB Gemilang.