17 Agustus 2022

Disperin Gandeng Arus Data Institute terkait Pendataan IKM NTB

Di jaman teknologi informasi saat ini, data menjadi salah satu hal yang krusial. Data yang valid dan real time menjadi salah satu bahan perencanaan pembangunan. Di segala sektor. Hal ini pun berlaku di sektor industri. Pembangunan sektor industri NTB sebagai salah satu program unggulan dalam konteksi industrialisasi jelas membutuhkan data yang up to date sebagai bahan perencanaan dan evaluasi program dan kegiatan sebuah OPD.

Pendataan IKM NTB dalam banyak hal merupakan strategi untuk mendapatkan gambaran utuh dalam melihat peluang dan tantangan IKM NTB ke depan, untuk kemudian diolah dan disinergikan dalam perencanaan pembangunan sektor industri yang menjadi tugas dan fungsi Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Berkaitan dengan hal tersebut, Senin, 07 Maret 2022, tim data Disperin NTB melakukan audiensi dengan Lembaga Survey Arus Data Institure dalam rangka penjajakan kerjasama untuk pendataan IKM NTB. Pendataan tersebut jelas merupakan salah satu faktor krusial yang harus dilaksanakan, karena dengan sumber data yang real time dan up to date, maka perencanaan sektor industri dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu, data yang baik dapat memberikan gambaran sejauh mana efisiensi dan efektifitas pelaksanaan program pembangunan di sektor industri yang dilaksanakan oleh Disperin NTB dalam kurun waktu tertentu.

Tim Data Disperin bersama Lembaga Survey Arus Data Institure

Data, seringkali menjadi hal yang dikesampingkan. Pola pendataan yang tidak tepat justru menghasilkan gambaran yang tidak sesuai dengan rencana yang telah dijalankan. Membahas mengenai mekanisme pendataan yang tepat menjadi salah satu pokok diskusi yang dilakukan oleh tim data Disperin NTB bersama dengan Lembaga Survey Arus Data Institute.

Sebagaimana diketahui, bahwa Disperin NTB telah memiliki aplikasi data Sistem Informasi Manajemen Industri (SIMANIS) yang diharapkan mampu menjadi baseline data berbasis online untuk memetakan seluruh informasi IKM NTB. Kedepannya, kerjasama pendataan bersama Arus Data Institute ini akan melengkapi proses entry data ke dalam SIMANIS untuk mendapatkan base line data IKM NTB yang semakin komprehensif.

Satu hal yang sering dilupakan, bahwa data yang baik adalah data yang digunakan, bukan hanya ditabulasi dan dikompilasi saja. Data yang digunakan sekaligus dapat menjadi verifikasi dan validasi apakah data yang terkumpul menggambarkan fakta yang sebenarnya di lapangan. Karena data yang baik pastinya akan menggambarkan situasi riil di lapangan, dan secara berkelanjutan akan dapat terus digunakan sebagai bahan evaluasi program dan kegiatan yang dilaksanakan, terlebih lagi di sektor industri.

Harapannya, kerjasama dengan Lembaga Survey Arus Data Institure ini dapat menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan data yang valid sesuai dengan fakta yang terjadi pada IKM NTB.

Mari kita sukseskan proses pendataan ini Sobat Industri semua. Dengan berkontribusi aktif dan mendata diri sebagai IKM NTB sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mari bergerak bersama, menuju NTB Gemilang.