12 Agustus 2022

Tim Jawa Barat Kunjungi IKM NTB, Implementasi dari Jabar-NTB Connection.

Setelah beberapa waktu yang lalu, tim Disperin NTB melakukan kunjungan ke Jawa Barat, kali ini, tim Jawa Barat melakukan kunjungan balasan ke Provinsi NTB. Kunjungan tersebut diterima oleh tim Bidang Pembangunan Sumber daya Industri Dinas Perindustrian NTB, Senin, 07 Maret 2022.

Kunjungan ini merupakan implementasi dari kerjasama Jabar – NTB Connection antara Dinas Perindustrian Provinsi NTB dan Dinas Perindag Provinsi Jawa Barat yang telah ditandatangani beberapa waktu yang lalu. Kedatangan tim Jawa Barat diwakili oleh Agung Pascasuseno selaku Perwakilan Komite Kreatif, Seto Nurseto, Parti Gastronomi dan Masterchef Indonesia season 8 mengunjungi Rumah Produksi Sate Rembige Goyang Lidah.

foto saat menyaksikan proses pembuatan sate rembiga

Kunjungan kerja tim Jawa Barat tersebut untuk melihat lebih dekat terkait dengan proses olahan Sate Rembiga Goyang Lidah, sebagai salah satu olahan kuliner legendaris di Provinsi NTB. Ditambah lagi, proses pengemasan kuliner dengan model vakum dianggap sebagai salah satu terobosan dalam proses olahan makanan khas NTB tersebut. Kunjungan ini mendapat respon positif dari IKM Sate Rembiga Goyang Lidah, berbagi pengalaman mengenai sejarah panjang Sate Rembiga sebagai salah satu kuliner khas NTB dan membahas mengenai rencana pengembangan Sate Rembiga Goyang Lidah menjadi salah satu pokok diskusi dalam kunjungan kerja terebut.

Upaya pelestarian kuliner tradisional di wilayah NTB menjadi entry point tim Jawa Barat untuk melakukan kunjungan tersebut. Selain membuka peluang pasar untuk Sate Rembiga Goyang Lidah NTB di pasar Jawa Barat tentu saja. Sebagaimana diketahui, Provinsi Jawa Barat memiliki beragam kuliner tradisional yang menjadi ikon nasional. Pengembangan teknologi vakum untuk kemasan yang lebih tahan lama dan higienis bisa jadi menjadi salah satu opsi pengembangan kuliner tradisional Jawa Barat agar lebih berdaya saing ke depan. Saling berbagi ilmu, untuk pengembangan IKM di kedua wilayah yang sama-sama memiliki nama Barat tersebut.

Kunjungan tim Jawa Barat ini tentu memiliki banyak makna. Peluang yang digagas harus ditindaklanjuti untuk pengembangan IKM di masa mendatang. Ke depan, Baik untuk IKM Sate Rembiga Goyang Lidah maupun IKM lainnya di Provinsi NTB. Tugas negara adalah menjalin jejaring kerjasama yang baik untuk membangun kesatuan proses agar pertumbuhan satu IKM dapat mendorong pertumubhan IKM yang lain. Kunjungan tim Jawa Barat ini, memberikan pelajaran terbaik bahwa IKM NTB harus dapat berkolaborasi dan membangun peluang dengan siapapun, jika ingin terus eksis dan berkembang. Tentunya membangun peluang tersebut dengan tujuan bersama untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan IKM NTB yang lain. Untuk itu, membangun kolaborasi dan kerjasama yang harmonis antar IKM NTB menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh seluruh stakeholders termasuk Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Karena tumbuh itu ya harus bersama, dari NTB, untuk Indonesia.