3 Juli 2022

Pulang Dari Sertifikasi Barista di Bandung, Ompu Steken Tancap Gas Berbagi Pengalaman

Ramlin atau akrab disapa Ompu Steken merupakan salah satu peserta training dan sertifikasi barista NTB yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tancap gas menjadi instruktur dalam acara Workshop Barista & Coffee Basic Knowledge yang diselenggarakan oleh Riski Basecamp Satoe Rompoen, Kabupaten Lombok Barat, pada hari Selasa 1 Maret 2022.

Sesuai dengan isi surat perjanjian peserta Sertifikasi yang di berangkatkan ke Bandung, peserta harus siap membimbing dan menjadi tenaga pengajar di daerah masing-masing tentang kopi, dan Ompu Steken langsung membuktikan nya.

Ompu Steken dipercaya menyampaikan materi serupa dihadapan para barista dari beberapa daerah di Pulau Lombok, diantaranya, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram. Kegiatan ini sama persis dengan yang diikutinya di Bandung, namun bedanya tidak ada sertifikasi untuk para barista Internasional.

Banyak hal yang disampaikan dari sejarah kopi, seduh manual, seduh pake mesin, proses pasca panen sampai SOP seorang barista terhadap menu yang diracik. Termasuk tentang managemen Konflik di meja Bar antara pelanggan dan seorang barista, serta sterilisasi seorang barista terhadap alat dan meja bar.

Tentu ini menjadi kebanggaan kita bersama, mampu hadir di tengah peserta yang disiapkan untuk menyambut even-event besar NTB, meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dibidang kopi, karena memang salah satu minuman yang menjadi trend saat ini dengan racikan khusus dan mampu menambah nilai rasa serta nilai tambah hasil para petani kopi.

Dengan menyiapkan kopi NTB terbaik dan barista handal tentu nilai jual kopi NTB semakin bagus di mata dunia. Dengan ini semoga kedepan juga menjadi peluang bisnis untuk para petani kopi dan masyarakat NTB.