4 Juli 2022

Kuliner Legend Made In Lombok, Oleh-oleh dalam Negeri Hingga Mancanegara

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, bersama Kepala Balai Kemasan Aryanti Dwiyani, M.Pd , Kasi Diklat dan Promosi Heldy Sardianto, MM.Inov Kasi Teknis Kemasan Firmansyah, ST, Harry Mawardi Ketua Komite Kreatif Jabar, Agung Pascasuseno Perwakilan Komite Kreatif JABAR, Ibu Sri Pujiastuti Pemprov. Jabar serta Master chef Jabar Nurseto Melakukan rapat koordinasi secara daring terkait program JABAR NTB CONNECTION Jumat, 04 Maret 2022 Lanjutan dari Koordinasi hari Rabu, 02 Maret 2022 Lalu.

Lanjutan Koordinasi ini dibuka oleh Pak Agung Tim Kreatif Jabar, dalam pembukaan mengharapkan JABAR NTB CONNECTION dapat bersinergi dalam membuat Desain bersama dan Produk Kuliner edisi Spesial Menyambut Event MotoGp mandalika 2022.

Kasi Diklat dan Promosi Balai Kemasan NTB Heldy Sardianto, MM.Inov juga Menambahkan Pemaparannya dari pertemuan sebelumnya beliau menjelaskan kuliner-kuliner legendaris yang ada di Lombok kepada Tim Kreatif Prov. JABAR yaitu; Ayam Taliwang Beca Bero, Sate Rembiga Goyang Lidah, Ayam Rarang Plecing Maknyus yang sudah mempunyai kemasan steril dan sudah memiliki Izin edar, oleh sebab itu Kuliner Legend tersebut sangat cocok dijadikan oleh-oleh. kuliner Legend tersebut nantinya dipamerkan pada Event MotoGP Maret 2022 mendatang. Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Kemasan juga menambahkan Program JABAR NTB CONNECTION sangat membantu Balai Kemasan NTB dalam hal Meningkakan Model, bentuk hingga kualitas, Kemasan yang diproduksi Balai Kemasan NTB masih terbatas baik mesin mau pun bahan kemasannya, sehingga perlu adanya kolaborasi dengan Tim Kreatif & Unit Kemasan Jabar

Ibu Sri Pujiastuti sangat mengapresiasi kesiapan Balai kemasan NTB menyambut event besar MotoGp, beliau mengusulkan mungkin untuk kemasan luar dari produk kuliner Legend ini bisa di kombinasi dengan IKM kerajinan Bambu, Anyaman Lontar dan kerajinan lainnya. disesi berikutnya master chef Jabar mengusulkan kemasan steril perlu juga dibuat dalam kemasan bumbu-bumbu khas kuliner Legend NTB yg handy, gampang di bawa dan mempunyai packing yang unique.

Selain dapat dapat dinikmati di Lombok sendiri Kuliner khas NTB juga dapat dijadikan oleh-oleh dalam negeri hingga mancanegara. Para wisatawan yang datang ke Lombok tidak perlu lagi was-was membeli Kuliner Legend tersebut untuk dibawa pulang ke kota maupun Negara asalnya.

Menanggapi masukan yg diusulkan oleh ibu Sri Pujiastuti dan Chef Seto Kepala Bidang Pembangunan Sumberdaya Industri menyampaikan bahwa Disperin NTB siap Mengajak Pengerajin untuk terlibat mengingat banyak IKM kerajinan yang dapat diberdayakan di NTB, Seperti Kerajinan Bambu, Dau pandan dan Ketak.

Di sesi terakhir Agung Pascasuseno Perwakilan Komite Kreatif Prov. JABAR menyampaikan dalam waktu dekat ini Tim Kreasi Jawa Barat akan berkunjung ke NTB dan selanjutnya akan berkolaborasi meriset “umur simpan” bumbu Kemasan kuliner-kuliner Legend NTB, Desain yang menarik, Tempat Peralatan untuk pelatihan pembuatan bumbu dan kemasan, Pendampingan izin edar, dan Penguatan Cerita makanan Khas NTB.

Dalam pemaparanya beliau juga memperlihatkan contoh kemasan yang menarik untuk packagging produk Kuliner. Dalam kemasan tersebut IKM-IKM NTB dapat menuliskan bagaimana Story Telling dari Kuliner Legend tersebut.

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Luthfi ST, M. Si, berharap dengan adanya program JABAR NTB CONNECTION ini sinergi untuk Geliatkan ekonomi NTB Gemilang yang dicita-citakan dapat berjalan sesuai yang diharapkan