4 Juli 2022

Alhamdulilah, NTB dan Jabar Kerja Barang Hasilkan Barista Kopi Berstandar Internasional

Sebagai salah satu Provinsi yang menghasilkan kopi terbaik di Indonesia, tentunya pengembangan kopi NTB jelas harus menjadi perhatian utama. Perbaikan tata kelola kopi harus terus dijalankan untuk menghasilkan secangkir kopi NTB yang nikmat. Salah satu komponen penting dalam perbaikan tata kelola tersebut adalah dengan mendidik para barista kopi NTB untuk mendapatkan pelatihan dari para instruktur dengan level tinggi di bidangnya.

Sebagai tindak lanjut darri hal tersebut, bekerjasama dengan Pemprov Jabar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengirimkan 12 orang barista NTB untuk mendapatkan pelatihan dan belajar bareng mengenai teknik roasting kopi secara baik dan benar. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari dari tgl 24 sampai 27 Februari 2022 yang bertempat langsung di 5758 Lab Coffee sebagai kampus kopi dan memiliki sertifikat instruktur dari Coffee Quality Institute, sekaligus orang Asia Tenggara pertama.

Dari pelatihan tersebut, setelah melalui tes yang ketat dan komprehensif, dinyatakan bahwa 5 orang barista NTB terbaik, setelah 12 barista lulus dalam seleksi dan mengikuti sertifikasi, mendapatkan ilmu dari para instruktur berlevel internasional adalah paling utama, tentunya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Karena gagal adalah proses untuk menuju sesuatu yang lebiih baik lagi, demikian disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Industri Disperin NTB, Lalu Lutfi, ST., M.Si dalam sambutan penutupan kegiatan, Senin, 27 Februari 2022, di Bandung, beberapa waktu yang lalu.

Harapannya, ke-12 orang barista yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat terus membagi dan mengembangkan ilmu yang telah diterima untuk para barista yang belum mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Sehingga nantinya akan lahir barista-barista dengan standar tinggi lainnya untuk semakin meningkatkan nilai tambah dan nilai jual kopi NTB di pasaran nasional dan internasional.

Secangkir kopi yang nikmat ternyata butuh proses panjang untuk menghasilkannya ya, Sobat semua. Biji kopi pilihan, mesin mesin terbaik, barista berstandar dan tentu saja metode penyajian yang tidak sembarang, wow, keren sekali ya. Semoga kedepan, kopi NTB yang memang sudah wangi, akan semakin wangi dengan kehadiran para barista kita ini. Selamat buat yang lulus, bagi yang belum lulus, jangan kecewa, mendapatkan ilmu dari guru terbaik justru adalah salah satu langkah keberhasilan itu sendiri. Yuk ngopi dari NTB, bersama menuju NTB Gemilang.(safti)