3 Juli 2022

12 Barista NTB Ikuti Uji Kompetensi Berstandar Internasional

Sebanyak 12 Barista NTB mengikuti uji kompetensi berstandar Internasional selama 4 hari dimulai tanggal 24-27 Februari 2022 di Bandung Jawa Barat. Hal ini merupakan salah satu berkah yang dirasakan atas kerjasama yang dijalin Jabar – NTB Connection.

Tujuan uji kompetensi ini menurut Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti merupakan ihktiar meningkatkan daya saing produk kopi jika dibarengi dengan skill terstandarisasi internasional. Mengingat kegiatan dan tamu yang datang ke NTB dari berbagai negara dirasa perlu untuk menyiapkan sumber daya manusianya. Termasuk pegiat pegiat UMKM mulai belajar menguatkan kopetensinya agar bisa melayani seperti standar internasional.

“Harus memang kita siapkan SDM karena tamu internasional berdatangan, agar nilai tambah kopi kita bagus memliki nilai tambah yang jauh lebih besar.” Ungkapnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah juga mengucapkan terimakasih kepada Jabar yang telah memberikan kesempatan kepada putra daerah Provinsi NTB untuk terus upgrade skill, salah satunya dalam pelatihan barista.

“Kapasitas masyarakat harus diupgrade dan Alhamdulillah dengan kolaborasi dan sinergi ini, banyak orang orang dari kami akan dilatih sehingga punya skill dan kemampuan yang mumpuni,” ungkap Bang Zul saat press confrence berlangsung di Gedung Sate, Kantor Gubernur Jabar.

Peserta uji kompetensi ini berasal dari seluruh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat, yang akan menjadi embrio untuk Training Of Trainer dan berkolaborasi dengan barista barista muda lainnya yang belum berkesempatan mengikuti.