3 Juli 2022

INFORMASI PENDAFTARAN PENDAMPINGAN UMKM (UNIDO SMES TECHNICAL ASSISTANCE COMPONEN)

UNDP, UNIDO, UNICEF dan UNEP menginisiasi Accelerating SDGs Investment in Indonesia (ASSIST) program bersama yang berkontribusi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) tahun 2030. Dalam hal ini, UNIDO menjadi badan utama dalam mengimplementasikan program pengembangan UMKM yang berfokus pada peningkatan daya saing dan produktivitas secara berkelanjutan bagi UMKM di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Program ini dilaksanakan untuk memberikan pendampingan teknis bagi UMKM dengan tujuan untuk menarik investasi dan mengembangkan teknologi terbarukan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bantuan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatakan daya saing UMKM serta modernisasi pasar dan promosi hasil produk UMKM pada rantai nilai secara global yang akan mendorong peningkatan peluang investasi, sumber modal, dan kerja sama melalui jejaring pasar serta pertukaran pengetahuan secara berkelanjutan.

Fokus Area: Program ini akan berfokus di Lombok, Provinsi NTB

Target Utama: UMKM, pengusaha, dan komunitas bisnis, pengembang dan desain produk seperti; a). agrobisnis dan olahan makanan termasuk produk perikanan, b). Kerajinan seperti cukli, gerabah, anyaman ketak, perhiasan, produk kosmetik, seni rupa), c). tekstil dan fashion (kain tradisional, anyaman, pakaian jadi) yang secara aktif dalam kegiatan produksi produk tradisional asli daerah dan juga berkaitan dengan sektor pariwisata baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Persyaratan:

  1. Telah dibentuk dan beroperasi minimal 3 tahun

2. Bukan perusahaan atau anak perusahaan besar dalam skala nasional maupun internasional.

3. Berkomitmen untuk meningkatkan diversifikasi/keragaman produksi.

4. Memiliki potensi penyerapan tenaga kerja dan ekspor

5. Memiliki potensi pengembangan jaringan industri baik di lingkup daerah dan nasional.

6. Berkeinginan dan siap berpartisipasi dalam kegiatan pameran hasil produksi baik di tingkat lokal maupun global.

Tahapan Pendaftaran

Berikut adalah tahapan seleksi UMKM yang akan menjadi penerima bantuan teknis UNIDO, yakni sebagai berikut:

Cara Pendaftaran:

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi tautan pendaftaran di kanal berikut: https://bit.ly/UMKMUNIDO

Nara Hubung:

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai informasi ini, mohon disampaikan kepada nara hubung kami perwakilan UNIDO atas nama Zulkifli di Tlp/WA: 877 8631 5045, email zulkifli@unido.org atau Lia Rosida di 0877 6568 0206 email L.Rosida@unido.org.