17 Agustus 2022

Produk IKM NTB Turut Hadir Mewarnai Festival Bau Nyale

Produk-produk IKM lokal NTB turut hadir mewarnai dan memeriahkan event-event besar NTB, salah satunya Festival Bau Nyale.
Festival Bau Nyale kali ini menghadirkan produk unggulan NTB dengan banyak pilihan kategori, seperti IKM Olahan Pangan, IKM Tenun, IKM Mutiara, IKM Ketak, dan IKM Kosmetik. Hal ini tentu mendukung upaya bela beli produk lokal dan salah satu spirit membangun perekonomian di Nusa Tenggara Barat.

Foto Bersama

Bunda Kadis Yanti juga turut hadir dalam acara Pesona Bau Nyale yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dan Gubernur NTB di Hotel Novotel, Lombok Tengah. (Minggu, 20/02/22)

Hadir pula Bupati Kabupaten Lombok Tengah, dan Beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov NTB. Acara Festival Pesona Bau nyale diadakan di Novotel Mandalika lombok tengah dengan dimeriahkan oleh penampilan kebudayaan Sasak, gendang beleq serta teater yang menceritakan tentang kisah Putri Mandalika.

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah meminta masyarakat untuk menjaga serta melestarikan tradisi Bau Nyale. Menurut Gubernur, festival yang masuk dalam Calender of Event tersebut memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerah.

“Tradisi Bau Nyale ini merupakan ajang ritual budaya, daerah kita tidak hanya terkenal dengan Event MotoGP, kita memiliki banyak kekayaan budaya yang harus di kenalkan pada dunia,” ungkap Gubernur NTB saat menghadiri malam puncak bau nyale di Kawasan Novotel, Lombok Tengah pada Minggu, 20 Februari 2022.

Bau Nyale, lanjut Gubernur, merupakan salah satu ajang dalam mengokohkan silaturrahim, salah satu instrument penting dalam memperkenalkan budaya hingga membangkitkan kembali perekonomian masyarakat.

“Mari kita jadikan momentum Bau Nyale ini sebagai spirit kebersamaan, spirit kecintaan kepada budaya serta membahagiakan banyak orang.”ungkap Gubernur dihadapan Meteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang juga hadir pada kesempatan tersebut.

Bunda Kadis Yanti mengaku senang dan bangga dengan dilibatkannya para pelaku industri dalam festival tersebut. Hal tersebut, selain ajang promosi tentu juga untuk meningkatkan akses ekonomi pelaku industri.

“Alhamdulillah turut bangga dan sedang dengan dilibatkannya banyak pelaku industri di festival tersebut. Semoga IKM NTB semakin berkembang dan maju, ” ungkap Nuryanti.